Alat Indera Mata dan Fungsinya

Alat Indra Mata dan Fungsinya - Mata berfungsi dalam penglihatan. Mata merupakan alat indra yang menerima rangsang berupa cahaya. Mata mampu membedakan warna, melihat objek dari jarak jauh, dan merespons cahaya. Perhatikan Gambar Struktur Bola Mata dan Bagian-bangiannya.

Struktur Bola Mata (Alat Indra Mata dan Fungsinya)

Struktur Bola Mata (Alat Indra Mata dan Fungsinya)

Bola mata pada manusia terdiri atas beberapa bagian. Bagian paling luar dari bola mata tersusun atas lapisan jaringan ikat yang disebut sklera. Adapun lapisan dalam berupa jaringan ikat yang banyak mengandung pigmen dan pembuluh darah yang disebut koroid. Pada bagian depan terdapat sklera yang transparan disebut kornea. Sklera dilindungi oleh membran mukus (konjungtiva) yang berfungsi membuat mata selalu basah atau lembap. Sklera yang transparan (kornea) memungkinkan cahaya masuk ke bola mata. Kornea tidak dilindungi oleh konjungtiva. Bagian depan koroid membentuk suatu badan bulat yang disebut iris. Iris adalah bagian berwarna pada mata. Iris berfungsi mengatur cahaya yang masuk melalui pupil. Pupil adalah suatu lubang di tengah-tengah iris. Jika intensitas cahaya tinggi, pupil akan mengecil, dan sebaliknya.

Di dalam koroid terdapat retina yang membentuk lapisan dalam bola mata. Retina mengandung sel-sel fotoreseptor. Retina pada manusia mengandung sekitar 125 juta sel-sel batang dan 6 juta sel-sel kerucut. Kedua sel fotoreseptor tersebut diberi nama sesuai dengan bentuknya. Sel-sel fotoreseptor banyak terletak pada pusat retina (fokus) yang disebut fovea. Sel-sel fotoreseptor tidak terdapat di bagian retina. Pada retina terdapat suatu bagian yang tidak dapat mendeteksi cahaya, yaitu bintik buta (blind spot).

Sel batang dan sel kerucut memiliki fungsi yang berbeda dalam proses penglihatan. Sel batang lebih sensitif terhadap cahaya, namun tidak dapat membedakan warna. Sel batang tidak bekerja pada malam hari. Hal ini berbeda dengan sel kerucut yang dapat membedakan warna pada siang hari. Sel batang dan sel kerucut mengandung pigmen penglihatan retinal yang terikat pada membran yang disebut opsin. Sel batang memiliki tipe opsin yang bergabung bersama retinal yang membentuk pigmen rhodopsin. Rhodopsin adalah pigmen yang sensitif terhadap cahaya redup. Sel kerucut mengandung pigmen fotopsin. Fotopsin dapat menyerap cahaya terang dan berwarna. Terdapat tiga jenis sel kerucut, yaitu sel kerucut biru, sel kerucut hijau, dan sel kerucut merah.

Alat Indra Mata dan Fungsinya

Alat Indra Mata dan Fungsinya

Gambar diatas menunjukkan jalur masuk cahaya ke mata melalui retina. Ujung sel batang dan sel kerucut menempel pada retina bagian belakang. Cahaya akan masuk melewati lapisan sel-sel saraf yang transparan sebelum mencapai sel batang dan sel kerucut. Retina menyerap cahaya, rhodopsin dan fotopsin akan berubah pada permeabilitas membran selnya. Hal ini merupakan awal pelepasan neurotransmiter. Kemudian, informasi visual oleh sel batang dan sel kerucut akan menuju jaringan neuron melalui sel-sel fotoreseptor. Pontensial aksi membawa informasi yang telah diolah menuju otak melalui saraf optik. Penglihatan tiga dimensi yang biasa kita lihat merupakan hasil pengolahan dari dua mata.

Di belakang pupil terdapat sebuah lensa (bikonveks) yang berfungsi memfokuskan cahaya yang masuk. Lensa tersebut melekat pada suatu otot mata (otot siliaris). Bentuk lensa diatur oleh otot mata tersebut. Ketika mata melihat objek yang dekat, otot siliaris akan berkontraksi menarik koroid mendekati lensa. Akibatnya, lensa menjadi tebal dan berbentuk bulat. Sebaliknya, ketika melihat objek yang jauh, otot siliaris akan berelaksasi sehingga koroid menjauhi lensa. Hal ini menyebabkan lensa menjadi tipis. Kemampuan lensa untuk menebal dan menipis disebut akomodasi. Bola mata terbagi menjadi dua ruang. Ruang yang besar di belakang lensa berisi (vitreous humor). Adapun ruang yang kecil di depan lensa berisi aqueous humor.

Artikel Terkait

Updated: 22 November 2014 — 17:07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme