Apakah Ciri-ciri Umum Monera?

Apakah Ciri-ciri Umum Monera? Monera adalah salah satu dari lima kingdom biologis, yang lainnya adalah hewan, tumbuhan, protista dan jamur. Semua organisme yang masuk dalam kerajaan Monera dianggap prokariota, bentuk yang paling sederhana dan paling awal kehidupan di planet ini. Seperti semua kerajaan lainnya, anggota kerajaan Monera memiliki ciri-ciri tertentu yang mendefinisikan mereka. Bakteri adalah bagian dari kerajaan Monera.

ciri umum monera

ciri umum monera

Tidak ada Inti # Ciri-ciri Umum Monera

Semua anggota kerajaan Monera tidak memiliki inti dalam sel mereka. Semua materi genetik Monera dalam sel mengapung longgar dalam sitoplasma. Bahkan, satu-satunya bagian sel yang ada dalam Monera adalah dinding sel dan ribosom. Dinding sel Monera terbuat dari peptidoglikan. Ini adalah kasus untuk semua Monerakecuali archaebacteria. Monerajuga bergerak menggunakan flagela.

Pencernaan # Ciri-ciri Umum Monera

Monera mencerna makanan mereka di luar sel dan kemudian menyerap nutrisi. Namun, ada juga monera yang berbeda dengan mencerna makanan mereka dalam berbagai cara. Beberapa hanya menghasilkan makanan mereka sendiri dengan membuat senyawa organik mereka. Yang lain harus makan dari bahan organik lainnya, seperti bahan yang membusuk. Beberapa Moneraadalah parasit yang makan dari dari sebuah inang dan yang lainnya menciptakan hubungan simbiosis dengan organisme lain. Monerajuga dapat dipisahkan ke dalam klasifikasi yang berbeda dengan cara mereka makan.

Monera

Ciri ciri lainĀ  Monera

Monera berkembang biak dengan baik konjugasi seksual atau aseksual pembelahan biner. Sirkulasi dilakukan dengan difusi, yang mirip dengan cara mereka mencerna. Semua Monera mempunyai pernapasan yang berbeda. Beberapa monera tidak dapat bertahan hidup tanpa oksigen sementara beberapa yang lainnya justru mati jika terkena oksigen. Monera datang dalam tiga bentuk yang berbeda: spiral, berbentuk batang atau bulat. Dalam rangka untuk melindungi diri mereka sendiri, sebagian Monera dikelilingi oleh kapsul polisakarida yang membuat mereka keluar dari pengeringan dan bertindak sebagai perlindungan terhadap sel-sel berbahaya lainnya.

Sejarah Singkat Monera

Tahun 1866 Ernst Haeckel mengajukan sistem tiga kingdom, yaitu menambahkan Protista sebagai kingdom baru yang berisi sebagian besar makhluk hidup microskopik.. Salah satu dari 8 divisio Protista adalah Moneres, yang meliputi sekelompok bakteri seperti Vibrio. Kemudian para ilmuwan membuktikan bahwa kingdom Protista hampir tidak ada kemiripannya untuk dijadikan sebuah kingdom. Thomas Cavalier-Smith tidak pernah terima dengan pembagian menjadi dua kelompok ini, dan mempublikasikan bahwa archaebacteria adalah bagian dari sebuah subkingdom dari Kingdom Bacteria.

Monera belum mempunyai membran inti sel, memiliki nukleoid (bagian sel yang mengandung DNA), dan belum memiliki organel bermembran, seperti mitokondria, kloroplas, dan badan Golgi. Dinding selnya terbuat dari peptidoglikan yang tahan terhadap tekanan osmotik hingga 25 kali tekanan atmosfer. Anggota kingdom ini secara umum disebut dengan bakteri.

1. BAKTERI

Bakteri adalah organisme prokariot yang hanya dapa dilihat dengan menggunakan mikroskop. Artinya sudah jelas, yaitu bakteri tidak dapat dilihat langsung oleh mata manusia.Dibawah ini adalah penjelasan tentang ciri, cara hidup, dan perkembang biakkan Bakteri.

A.Ciri-ciri Bakteri

Bakteri memiliki tubuh yang hanya terdiri dari satu sel dan berukuran sekitar 4-8 mikron. Sel bakteri memiliki berbagai bentuk, ada yang bulat(koskus), batang(basil), dan spiral(spirilum). Meskipun berukuran kecil, jika berkelompok(berkoloni), bakteri akan terlihat. Contohnya di makanan basi, koloni bakteri tampak seperti lendir, percikan mentega atau percikan susu. Koloni bakteri ada yang berwarna kekuningan atau kemerahan dan ada juga yang berwarna putih.

B. Cara Hidup Bakteri

Organisme yang termasuk ke dalam kingdom monera ini memiliki cara hidup yang berbeda-beda. Ada yang hidup dengan cara mengambil bahan organik dari lingkungannya (heterotrof), namun ada juga yang dapat berfotosintesis (autotrof). Tapi kebanyakan sih bakteri bersifat heterotrof, nah yang bersifat dari yang bersifat heterotrof tadi, ada yang sifatnya saprofit dan ada pula yang parasit. Bakteri saprofit adalah bakter yang hidup bebas di alam dengan mengurai sampah, bangkai, serta kotoran. Sedangkan bakteri parasit hidup di tubuh makhluk hidup lain dan merugikan inangnya.Berbagai penyakit manusia, tanaman, dan hewan disebabkan oleh bakteri parasit ini. Bakteri dapat menular melalui makanan,minuman melalui perantara atau melalu kontak langsung. Oleh karena itu saya sarankan kepada sobat untuk terus menjaga kesehatan dan kebersihan.

C. Perkembangbiakkan Bakteri

Perkembangbiakkan bakteri dapat terjadi secara kawin maupun tidak kawin. Perkembangbiakan tak kawin dilakukan dengan membelah diri. Pada pembelahan diri, satu sel membelah menjadi dua, kemudian menjadi empat, delapan, enambelas dan seterusnya. Sedangkan kalau secara kawin, bakteri dapat berkembang biak dengan konjugasi. Caranya, dua sel yang berdekatan membentuk saluran konjugasi. Melalui saluran ini plasma dari sel yang satu mengalir ke sel yang lain.

Kesimpulannya: Tubuh bakteri terdiri dari satu sel, sebagian besar bakteri hidup secara sporofit atau parasit. Bakteri berkembangbiak dengan membelah diri dan kenjugasi.

 

2. ALGA BIRU (Cyanobacteria)

Alga biru tidak dimasukkan kedalam kelas protista seperti alga lainnya. Mengapa demikian? Karena ia merupakan organisme prokariot sama seperti bakteri. Sehingga digolongkan kedalam kingdom monera.

A.Ciri-ciri Alga Biru

Cyanobacteria sering disebut alga hijau-biru karena memiliki warna hijau kebiruan. Untuk memudahkan mengucapnya kita sebut saja alga biru. Alga ini dapat hidup di berbagai tempat dan keadaan, contohnya saja ada yang hidup di batu, tanah, kulit kayu, air tawar, bahkan air laut. Tubuhnya ada yang bersel satu, ada pula yang berupa untaian benang yang terbentuk dari beberapa sel. Sel alga biru tergolong ke dalam sel prokariot yang berklorofil. Oleh karena itu, ia dapat berfotosintesis dan mengahasilkan makanan sendiri (autotrof).

B. Perkembangbiakan Alga Biru

alga biruAlga biru berkembangbiak dengan cara membelah diri dan fragmentasi. Alga yang bersel satu membelah diri dari satu menjadi dua, empat, delapan, dan seterusnya. Sedangkan Alga yang berbentuk benang memutuskan diri menjadi fragmen dan setiap fragmen dapat tumbuh menjadi individu baru. Contoh Alga biru antara lain Anabarna, Rivularia, Glorocapsa, dan Oscillatori.

Kesimpulannya: Tubuh Alga biru terdiri dari satu sel atau untaian sel seperti benang, berklorofil sehingga bersifat autotrof. Berkembang biak dengan membelah diri dan fragmentasi.

Artikel Terkait

Updated: 4 November 2014 — 18:30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014