Cara Menggunakan Text Tool CorelDraw X3

Cara Menggunakan Text Tool CorelDraw X3 – Pada bagian sebelumnya, Anda telah mempelajari fungsi ikon pada toolbox. Sekarang, Anda akan mempraktikan berbagai fasilitas yang terdapat pada toolbox. Langkah pertama adalah bagaimana cara menuliskan huruf pada program CorelDRAW. Untuk menulis huruf pada CorelDRAW, langkah pertama yang harus Anda pahami adalah lembar kerja tidak dapat Anda isikan langsung dengan teks. Akan tetapi, Anda harus menggunakan Text Tool seperti berikut.

Gambar 2.8 Ikon Text Tool.

Gambar 2.8 Ikon Text Tool.

Untuk menuliskan teks, Anda dapat melakukan lagkah-langkah seperti berikut.

Klik tombol Text Tool yang ada pada Toolbox,. Kemudian, klik kursor mouse di sembarang tempat pada halaman kerja. Setelah kursor berkedip-kedip, Anda dapat mulai menuliskan teks yang Anda inginkan.

Selain dengan cara tersebut, Anda juga dapat menuliskan teks pada lembar kerja CorelDraw menggunakan text box. Untuk lebih jelasnya. Agar Anda mahir membuat teks pada CorelDRAW, pelajarilah contoh berikut membuat kalimat “Latihan Membuat Desain Grafis“ dengan menggunakan text box. Menuliskan teks dengan menggunakan text box adalah dengan langkah-langkah berikut.

1. Klik Text Tool, kemudian drag mouse pada lembar kerja dan atur pembesaran text box.

2. Tuliskanlah kalimat “Latihan Membuat Desain Grafis” pada text box seperti gambar berikut.

3. Kalimat yang sudah dimasukkan ke dalam text box dapat diedit dengan menggunakan property bar Text Tool. berikut.

4. Agar tampilan teks menjadi menarik klik ikon Pick Tool, kemudian pilih kalimat tadi. Gunakan property bar untuk mencari font yang menarik.

Sehingga bentunya menjadi seperti berikut

5. Untuk memberi warna pada teks, pilih kalimat tadi, dengan menggunakan Pick Tool, kemudian pilih warna yang diinginkan pada Color Pelette. Klik untuk memberikan warna pada isi huruf dan klik kanan mouse untuk memberikan warna pada garis luar (outline) huruf. Teks yang diperoleh adalah sebagai berikut.

 

 

Baca juga artikel terkait dengan Cara Menggunakan Text Tool CorelDraw X3

  • Ekspor dan Impor File CorelDraw X3

    Ekspor dan Impor FileCorelDraw X3- Ketika Anda bekerja membuat sebuah objek desain grafis, Anda juga dapat menambah objek dengan cara mengambil file-file gambar yang...

  • Menggunakan efek weld trim Intersect

    Menggunakan efek weld trim Intersect – Selain terdapat fasilitas efek yang dijelaskan sebelumnya, CorelDRAW juga memiliki banyak sekali efek yang dapat diterapkan pada objek....

  • Efek Modifikasi Huruf CorelDraw X3

    Efek Modifikasi Huruf CorelDraw X3- Huruf-huruf yang dibuat pada lembar kerja CorelDRAW dapat Anda ubah posisinya. Cara yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut....

Leave a comment

Your email address will not be published.

*