Ciri dan Struktur Kingdom Protista

Ciri dan Struktur Kingdom Protista- Makhluk hidup anggota Protista mulai terungkap setelah Antony van Leeuwenhoek mengamati makhluk-makhluk kecil menggunakan mikroskop sederhananya sekitar 300 tahun silam. Dengan mikroskop sederhananya tersebut, ia mampu mengamati berbagai jenis mikroorganisme. Salah satunya adalah Protista. Protista merupakan salah satu kingdom yang memiliki anggota cukup banyak. Banyak jenis Protista yang secara morfologi memang membingungkan. Menurut Brum et al. (1994: 810), Protista memiliki beberapa anggota, ada yang mirip tumbuhan, hewan, dan jamur (perhatikan Gambar 3.1). Akan tetapi, satu hal yang pasti bahwa seluruh anggota Kingdom Protista bersifat eukariot. Selain seluruh anggotanya termasuk eukariot, hal apakah yang membuat suatu makhluk hidup digolongkan sebagai anggota Kingdom Protista?

Protista memiliki anggota yang bermacam-macam. Ada yang memiliki ciri mirip tumbuhan, jamur, dan hewan

Gambar 3.1Protista memiliki anggota yang bermacam-macam. Ada yang memiliki ciri mirip tumbuhan, jamur, dan hewan.

Jika Anda ambil setetes air kolam yang keruh dan diamati dengan mikroskop, besar kemungkinan Anda akan melihat makhluk hidup satu sel yang seluruh permukaannya ditutupi oleh silia (rambut getar). Makhluk hidup bersel satu tersebut adalah Paramaecium, salah satu contoh anggota Protista yang paling mudah ditemukan dan paling mudah dikenali. Anda dapat melihat struktur tubuh Paramaecium pada Gambar 3.2. Paramaecium terdiri atas satu sel. Seluruh permukaan tubuhnya ditutupi oleh silia. Jika diamati lebih detail, dapat diketahui bahwa silia tersebut berfungsi menggiring partikel makanan masuk ke dalam mulut dan diteruskan ke dalam vakuola makanan untuk dicerna. Selain itu, di dalam tubuh Paramaecium terdapat vakuola yang selalu bergerak, disebut vakuola kontraktil (Gambar 3.2). Apakah fungsi vakuola tersebut? Contoh lain anggota Protista adalah Euglena. Protista ini memiliki struktur mirip hewan dan tumbuhan. Euglena tidak memiliki dinding sel seperti halnya sel tumbuhan. Akan tetapi, Euglena memiliki kloroplas yang merupakan ciri dari sel tumbuhan. Itulah sebabnya, banyak ahli yang menganggap bahwa Kingdom Protista merupakan peralihan menuju tiga kingdom yang lebih maju , yakni Fungi, Plantae, dan Animalia. Coba perhatikan Struktur tubuh Paramaecium berikut ini!

Struktur tubuh Paramaecium.

Gambar 3.2Struktur tubuh Paramaecium.

Artikel Terkait

Updated: 12 November 2014 — 17:57

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme