Contoh Ikatan Kovalen Koordinasi

Contoh Ikatan Kovalen Koordinasi – Dalam ikatan kovalen terjadi penggunaan bersama pasangan electron valensi untuk mencapai konfigurasi elektron seperti gas mulia (oktet atau duplet). Jika pasangan elektron yang dipakai pada ikatan kovalen berasal hanya dari salah satu atom, mungkinkah ini terjadi?

Berdasarkan gejala kimia, ternyata ada senyawa kovalen yang memiliki sepasang elektron untuk digunakan bersama yang berasal dari salah satu atom. Ikatan seperti ini dinamakan ikatan kovalen koordinasi. Tinjau ion amonium, NH4+. Ion ini dibentuk dari amonia (NH3) dan ion hidrogen melalui ikatan kovalen koordinasi, seperti yang ditunjukkan berikut ini.

Pada ion amonium, sepasang elektron yang digunakan bersama antara atom nitrogen dan ion H+ berasal dari atom nitrogen. Jadi, dalam ion amonium terdapat ikatan kovalen koordinasi.

Jika ikatan kovalen dinyatakan dengan garis maka ikatan kovalen koordinasi dinyatakan dengan anak panah. Arah anak panah yaitu dari atom yang menyediakan pasangan elektron menuju atom yang menggunakan pasangan elektron tersebut. Perhatikan reaksi berikut.

Contoh Menentukan Ikatan Kovalen Koordinasi

Pada struktur senyawa SO3, manakah yang merupakan ikatan kovalen koordinasi?

Jawab

Pada senyawa SO3, atom S mengikat 3 atom O.

Konfigurasi elektron 16S: 2 8 6

Konfigurasi elektron 8O: 2 6

Untuk mencapai konfigurasi oktet, atom S kekurangan 2 elektron, demikian pula atom O. Salah satu atom O

mengadakan saham 2 elektron dengan atom S membentuk ikatan rangkap dua. Oleh karena S dan O

sudah mencapai oktet maka kedua atom O yang lain menggunakan pasangan electron dari atom S untuk berikatan membentuk ikatan kovalen koordinasi. Dalam bentuk garis diungkapkan sebagai berikut.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014