Contoh RPP Bryophyta dan Pteridophyta

Contoh RPP Bryophyta dan Pteridophyta

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMAN 10 Garut
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/2
Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
Kompetensi Dasar

3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

Tujuan Pembelajaran
  • Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
  • Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
  • Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
  • Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
  • Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta)  bagi manusia
  • Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
  • Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
  • Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
  • Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
  • Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia
Alokasi Waktu 4 x 1 jam pelajaran

A. Indikator Pencapaian Kompetensi

Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:

  1. Mendeskripsikan ciri-ciri tubuh tumbuhan paku (ukuran dan bentuk tubuh tumbuhan paku, serta struktur tubuh tumbuhan paku).
  2. Menjelaskan reproduksi tumbuhan paku.
  3. Menjelaskan klasifikasi tumbuhan paku yang dibedakan dalam empat diviisi yaitu Psilophyta (paku purba), phenophyta/Equisetophyta (paku ekor kuda), Lycophyta/Lycopodiophyta (paku kawat), dan Pterophyta (paku sejati).
  4. Menyebutkan manfaat tumbuhan paku bagi kehidupan manusia.
  5. Mendeskripsikan ciri-ciri tubuh tumbuhan biji (ukuran dan bentuk tubuh tumbuhan biji, serta struktur tubuh tumbuhan biji).
  6. Menjelaskan klasifikasi tumbuhan biji yang dibedakan menjadi dua berdasarkan letak bakal biji/bijinya yaitu Gymnospermae dan Angiospermae.
  7. Menyebutkan manfaat tumbuhan biji bagi kehidupan manusia.

B. Karakter Siswa yang Diharapkan

No. Nilai Sikap Definisi Keterkaitan Nilai
1 Peduli Lingkungan Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. • Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan.
2 Mandiri Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. • Mencari sumber di perpustakaan untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan pustakawan.• Menerjemahkan sendiri kalimat bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya.
3 Toleransi Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. • Memberi kesempatan kepada teman untuk berbeda pendapat.• Bersahabat dengan teman lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis.• Mau menerima pendapat yang berbeda budayanya.
4 Kerja Keras Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi b e r b a g a i hamba t a n b e l a j a r, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. • Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.• Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas di kelas dan luar kelas.• Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber

C. Strategi Pembelajaran 

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta) Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan Siswa dapat Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta)  bagi manusia
Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta) Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga Siswa dapat Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia

D. Materi Pembelajaran

  1. Tumbuhan Paku (Pteridophyta)
  2. Tumbuhan Biji (Spermatophyta)

E. Metode Pembelajaran

  1. Informasi (ceramah). 4. Diskusi.
  2. Tanya jawab. 5. Penugasan.
  3. Demonstrasi.

F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Pendahuluan

a. Apersepsi

Apa yang Anda ketahui tentang tumbuhan Paku (Pteridophyta)?

b. Motivasi

1) Bagaimana ciri khas dari tumbuhan Paku (Pteridophyta) yang membedakan dengan tumbuhan lainnya?

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

  1. Siswa mengamati  tumbuhan paku secara berkelompok.
  2. Guru mendeskripsikan ciri-ciri tubuh tumbuhan biji.
  3. Guru menjelaskan reproduksi tumbuhan biji.
  4. Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku
  5. Guru melibatkan siswa aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

b. Elaborasi

  1. Setiap siswa diberi tugas untuk mengisi tabel perbedaan antara tumbuhan lumut, tumbuhan Paku
  2. Setiap siswa diberi kesempatan untuk berpikir dan mengisi tabel perbedaan tersebut.
  3. Guru memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individu.

c. Konfirmasi

  1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  2. Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

3. Kegiatan Penutup

  • Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran.
  • Guru memberikan penilaian terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
  • Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut memberikan tugas individu, yaitu siswa disuruh mengerjakan soal-soal uji kompetensi  di rumah dan siswa disuruh mempersiapkan diri menghadapi

Pertemuan Kedua

a. Apersepsi

Apa yang Anda ketahui tentang tumbuhan biji (Spermatophyta)?

b. Motivasi

Tahukan anda salah satu jenis tumbuhan biji Ginkgo dapat meremajakan sel-sel otak dengan memulihkan reseptor di dalam otak dan meningkatkan serotinin?

1. Pendahuluan

  • Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
  • Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari

b. Elaborasi

  1. Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
  2. Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
  3. Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.

c. Konfirmasi

  1. Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan maupun tulisan terhadap siswa.
  2. Guru menyimpulkan hasil belajar siswa.

3. Kegiatan Penutup

  • Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan

G. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Buku paket Biologi X SMA.
  2. Buku Biologi Xb SMA/MA terbitan BSE
  3. Buku-buku referensi yang relevan.
  4. Alat-alat praktikum.

H. Penilaian

No. Jenis Bentuk Instrumen/Aktivitas
1 Penugasan Kegiatan kelompok Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.
Kegiatan mandiri Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.
Kegiatan eksplorasi Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.
2 Pelatihan Uji Kompetensi Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.
Ulangan Harian Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya
Tindak Lanjut Perbaikan; Pengayaan

 

Guru Mata Pelajaran

 

Budiyanto

Artikel Terkait

Updated: 12 April 2012 — 12:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme