Contoh RPP Dunia Hewan

Contoh RPP Dunia Hewan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMAN 10 Garut
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/2
Tahun Ajaran : 2012/2013
Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Dapat menyebutkan ciri-ciri umum animalia?
  2. Dapat mengidentifikasi karakteristik berbagai fi lum anggota kingdom animalia?
  3. Dapat menjelaskan karakteristik anggota invertebrata?
  4. dapat menjelaskan karakteristik anggota vertebrata?
  5. Dapat menjelaskan klasifi kasi anggota invertebrata?
  6. Dapat menjelaskan klasifi kasi anggota vertebrata?
  7. Dapat membedakan invertebrata dan avertebrata?
  8. Dapat membedakan antarkelompok invertebrata?
  9. Dapat membedakan antarkelompok vertebrata?
  10. Dapat menjelaskan peranan dari anggota inverteb?
Alokasi Waktu : 8 x 1 jam pelajaran

A. Standar Kompetensi

3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

B. Kompetensi Dasar

3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan.

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:

  1. Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam Kingdom Animalia.
  2. Mengenali anggota masing-masing filum dan kelas pada Kingdom Animalia berdasarkan karakteristik tertentu.
  3. Mendeskripsikan peran anggota Kingdom Animalia bagi kehidupan.

D. Karakter Siswa yang Diharapkan

No. Nilai Sikap Definisi Keterkaitan Nilai
1 Peduli Lingkungan Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. • Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan.
2 Mandiri Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. • Mencari sumber di perpustakaan untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan pustakawan.• Menerjemahkan sendiri kalimat bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya.
3 Toleransi Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. • Memberi kesempatan kepada teman untuk berbeda pendapat.• Bersahabat dengan teman lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis.• Mau menerima pendapat yang berbeda budayanya.
4 Kerja Keras Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi b e r b a g a i hamba t a n b e l a j a r, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. • Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.• Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas di kelas dan luar kelas.• Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber

 

E. Materi Pembelajaran

  1. Invertebrata
  2. Filum Chordata

F. Metode Pembelajaran

  1. Informasi (ceramah). 4. Penugasan
  2. Tanya jawab. 5. Praktikum.
  3. Diskusi.

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Mengamati beberapa contoh kelas hewan Membandingkan ciri-ciri filum-filum hewan dan perkembangan struktur tubuhnya Siswa dapat Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan

 

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Pendahuluan

a. Apersepsi

Guru memberikan pertanyaan tentang perbedaan tumbuhan dan hewan (Animalia).

b. Motivasi

Guru mengajak siswa untuk mempelajari klasifikasi kelompok hewan Invertebrata dan peranannya bagi kehidupan manusia.

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

  1. Guru menjelaskan tentang filum-filum yang termasuk kelompok Invertebrata, ciri-ciri filum, anggota masing-masing filum, dan peranannya bagi kehidupan manusia.
  2. Siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang tema materi filum-filum yang termasuk kelompok Invertebrata.
  3. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
  4. Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
  5. Guru memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium dan lapangan.

b. Elaborasi

  1. Guru menunjuk salah satu siswa untuk menyebutkan ciri-ciri salah satu filum yang termasuk kelompok Invertebrata serta menjelaskan peranan anggota filum tersebut.
  2. Guru memberi tugas kepada siswa untuk menggambar saluran air pada Porifera, menjawab permasalahan-permasalahan  tentang  daur  hidup  Obelia  sp.  dan  Aurelia  aurita,  serta menjelaskan peran Coelenterata dalam pembentukan terumbu karang.
  3. Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual.
  4. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4_5 siswa.
  5. Setiap  kelompok  diberi  tugas  mencari  cacing  tanah  di  lingkungan  sekitar,  kemudian melakukan pengamatan terhadap ciri-ciri cacing tanah, cara bergerak, dan alat tubuhnya.
  6. Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan lengkap dengan gambar struktur anatomi tubuh cacing tanah.
  7. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4_5 siswa.
  8. Setiap kelompok melakukan praktikum yang bertujuan mengamati ciri-ciri kelas dalam filum Mollusca.
  9. Setiap kelompok membuat laporan hasil praktikum.

c. Konfirmasi

  1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
  3. Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  4. Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.

3. Kegiatan Penutup

a. Siswa membuat rangkuman/kesimpulan.

b. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah, yaitu sebagai berikut.

  1. Siswa  melakukan  diskusi  tentang  perbedaan  kelas-kelas  pada  filum  Platyhelminthes, kemudian menuliskan hasilnya pada tabel.
  2. Siswa melakukan diskusi tentang cacing-cacing anggota Nematoda yang parasit pada manusia,  ciri-ciri  cacing  tersebut,  penyakit  yang  ditimbulkan,  siklus  hidup,  serta  cara pencegahan infeksi cacing Nematoda pada manusia.

Pertemuan Kedua

1. Pendahuluan

a. Apersepsi

Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

b. Motivasi

Guru bertanya: Apakah perbedaan antara Invertebrata dan Vertebrata?

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

  1. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
  2. Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Guru menjelaskan tentang klasifikasi filum Chordata, anggota kelas pada filum Chordata, serta peranannya bagi kehidupan manusia.
  4. Siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang tema materi filum Chordata.
  5. Guru memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium.

b. Elaborasi

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3_4 siswa.
  2. Siswa berdiskusi tentang perbedaan ciri-ciri dari Crustacea, Insecta, Myriapoda, dan Arachnida.
  3. Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tabel.
  4. Guru memberi tugas kepada siswa untuk menggambar sistem ambulakral pada bintang laut lengkap dengan keterangannya, kemudian menjelaskan sistem saluran air tersebut.
  5. Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual.
  6. Guru menunjuk salah satu siswa untuk menyebutkan anggota subfilum Vertebrata dan menjelaskan ciri-cirinya.
  7. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4_5 siswa.
  8. Setiap kelompok melakukan praktikum yang bertujuan mengetahui ciri-ciri morfologi beberapa hewan Vertebrata.
  9. Setiap kelompok membuat laporan hasil praktikum.

c. Konfirmasi

  1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
  3. Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  4. Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.

3. Kegiatan Penutup

a. Siswa membuat rangkuman/kesimpulan.

b. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal uji kompetensi sebagai pekerjaan rumah.

Pertemuan Ketiga

1. Pendahuluan

Guru mengulas secara singkat materi tentang Kindom Animalia.

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.

b. Elaborasi

  1. Guru memfasilitasi siswa untuk berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
  2. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan harian 3.

c. Konfirmasi

Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.

3. Kegiatan Penutup

Guru memberikan penilaian.

Pertemuan Keempat

1. Pendahuluan

Guru mengulas secara singkat materi tentang Kindom Animalia.

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.

b. Elaborasi

  1. Guru memfasilitasi siswa untuk berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
  2. Siswa mengerjakan soal-soal latihan ulangan tengah semester.

c. Konfirmasi

Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.

3. Kegiatan Penutup

Guru memberikan penilaian.

H. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Buku paket Biologi X SMA.
  2. Buku Biologi Xb SMA/MA terbitan BSE
  3. Buku-buku referensi yang relevan.
  4. Alat-alat praktikum.

i. Penilaian

No. Jenis Bentuk Instrumen/Aktivitas
1 Penugasan Kegiatan kelompok Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.
Kegiatan mandiri Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.
Kegiatan eksplorasi Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.
2 Pelatihan Uji Kompetensi Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.
Ulangan Harian Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya
Tindak Lanjut Perbaikan; Pengayaan

 

Guru Mata Pelajaran

 

Budiyanto

Artikel Terkait

Updated: 12 April 2012 — 18:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014