Contoh RPP Ekosistem

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah

: SMAN 10 Garut

Mata Pelajaran

: Biologi

Kelas/Semester

: X/2

Tahun Ajaran

: 2012/2013

Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Dapat menguraikan komponen ekosistem dari hasil pengamatan?
  2. Dapat mendeskripsikan hubungan timbal balik antara komponen biotik dan abiotik?
  3. Dapat menjelaskan mekanisme aliran energi pada suatu ekosistem?
  4. Dapat menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya perusakan lingkungan?
  5. Dapat mengenali perilaku manusia yang tidak ramah lingkungan?
  6. Dapat menjelaskan dampak suatu bahan polutan terhadap kelangsung-an hidup makhluk hidup?
  7. Dapat mengenal cara-cara menghindari/perbaikan/pelestarian lingkungan?
  8. Dapat mengklasifi kasi limbah organik dan anorganik dan sumbernya?
  9. Dapat menjelaskan jenis limbah bahan beracun berbahaya?
  10. Dapat mengidentifi kasi jenis limbah yang mungkin dapat di daur ulang?
  11. Dapat mendesain produk daur ulang yang akan dibuat?
  12. Dapat memilih bahan limbah rumah tangga untuk daur ulang?

Alokasi Waktu

: 8 x 1 jam pelajaran

 

A. Standar Kompetensi

4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.

B. Kompetensi Dasar

4.1 Mendeskripsikan  peran  komponen  ekosistem  dalam  aliran  energi  dan  daur  biogeokimia  serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan.

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:

  1. Menjelaskan pengertian ekosistem.
  2. Menyebutkan komponen penyusun ekosistem (komponen biotik dan komponen abiotik).
  3. Menyebutkan tingkat organisasi kehidupan.
  4. Menjelaskan interaksi antarkomponen ekosistem.
  5. Mempelajari dan mengamati interaksi yang terjadi di dalam suatu ekosistem melalui kegiatan kelompok (praktikum).
  6. Mendeskripsikan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, aliran energi, dan piramida ekologi.
  7. Menyebutkan tiga jenis piramida ekologi.
  8. Membuat rantai makanan dan jaring-jaring makanan, serta mengetahui adanya aliran energi dalam rantai makanan melalui kegiatan kelompok (praktikum).
  9. Menjelaskan pengertian daur biogeokimia.
  10. Menyebutkan dan menjelaskan lima macam dari biogeokimia.
  11. Menjawab permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan bagan daur karbon melalui kegiatan diskusi.
  12. Menjelaskan pengertian suksesi.
  13. Menjelaskan pengertian suksesi primer dan suksesi sekunder.
  14. Menjelaskan perbedaan antara suksesi primer dengan suksesi sekunder.
  15. Menjelaskan dua macam tipe ekosistem yaitu ekosistem darat (terestrial) dan ekosistem perairan (akuatik).
  16. Mendeskripsikan ciri-ciri dari enam macam bioma.
  17. Mendeskripsikan ciri-ciri ekosistem laut dan darat.

D. Karakter Siswa yang Diharapkan

No.

Nilai Sikap

Definisi

Keterkaitan Nilai

1

Peduli Lingkungan

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

• Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan.

2

Mandiri

Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

• Mencari sumber di perpustakaan untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan pustakawan.

• Menerjemahkan sendiri kalimat bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya.

3

Toleransi

Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

• Memberi kesempatan kepada teman untuk berbeda pendapat.

• Bersahabat dengan teman lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis.

• Mau menerima pendapat yang berbeda budayanya.

4

Kerja Keras

Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi b e r b a g a i hamba t a n b e l a j a r, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

• Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.

• Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas di kelas dan luar kelas.

• Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber

 

E. Materi Pembelajaran

  1. Komponen Penyusun Ekosistem
  2. Interaksi Antarkomponen Ekosistem
  3. Rantai Makanan, Jaring-Jaring Makanan, Aliran Energi, dan Piramida Ekologi
  4. Daur Biogeokimia
  5. Suksesi
  6. TIpe-Tipe Ekosistem

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Mendeskripsikan struktur keilmuan Biologi

Menemukan contoh komponen biotik dan abiotik

Menemukan contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di lingkungan sekitar

Menemukan ekosistem dan batas-batasnya

Menemukan adanya interaksi dalam ekosistem

Diskusi ruang lingkup ekologi sebagai ilmu

Mengamati komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya

Mengamati interaksi yang terjadi dalam ekosistem

Siswa dapat Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu

Siswa dapat Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik

Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem

F. Metode Pembelajaran

  1. Informasi (ceramah). 4. Demonstrasi.
  2. Tanya jawab. 5. Diskusi.
  3. Praktikum. 6. Penugasan.

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Pendahuluan

a. Apersepsi

Apa yang Anda ketahui tentang ekosistem?

b. Motivasi

Siswa ditanya:

1) Sebutkan tingkat organisasi kehidupan mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi!

2) Jelaskan macam-macam interaksi yang terjadi di dalam ekosistem!

Setelah siswa paham tentang ekosistem, kemudian siswa melakukan praktikum tentang ekosistem.

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

  1. Guru menjelaskan tentang pengertian ekosistem.
  2. Guru menyebutkan komponen penyusun ekosistem.
  3. Guru menjelaskan macam-macam interaksi antarkomponen ekosistem.
  4. Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
  5. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa, antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lain.
  6. Guru melibatkan siswa aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
  7. Guru memfasilitasi siswa melakukan percobaan di kebun sekolah.

b. Elaborasi

  1. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
  2. Setiap kelompok diberi tugas untuk mempelajari dan mengamati interaksi yang terjadi di dalam suatu ekosistem.
  3. Setiap kelompok mencatat semua komponen biotik dan abiotik yang ada di kebun sekolah tersebut.
  4. Setelah  melakukan  kegiatan  kelompok,  setiap  kelompok  menjawab permasalahan-permasalahan yang ada dan membuat kesimpulan.

c. Konfirmasi

  1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
  2. Guru dan siswa menyimpulkan pokok-pokok dari kegiatan kelompok yang telah dilakukan.

3. Kegiatan Penutup

a. Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran.

b. Guru memberikan penilaian terhadap kegiatan yang telah dilakukan.

Pertemuan Kedua

1. Pendahuluan

a. Apersepsi

  1. Apa yang Anda ketahui tentang rantai makanan, jaring-jaring makanan, aliran energi, dan piramida ekologi?
  2. Apa yang Anda ketahui tentang daur biogeokimia?

b. Motivasi

Guru menyuruh siswa mengamati ekosistem lapangan rumput di sekitar sekolah. Setelah siswa melakukan pengamatan ekosistem, siswa disuruh mengamati beberapa bagan macam-macam daur biogeokimia, kemudian disuruh menjelaskan satu persatu.

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

  1. Guru menjelaskan tentang tiga jenis piramida ekologi.
  2. Guru menjelaskan tentang pengertian biogeokimia.
  3. Guru menjelaskan beberapa macam daur biogeokimia yang belum dipahami siswa.
  4. Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
  5. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa, antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lain.
  6. Guru melibatkan siswa aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

b. Elaborasi

  1. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
  2. Setiap kelompok diberi tugas untuk membuat rantai makanan dan jaring-jaring makanan, serta untuk mengetahui adanya aliran energi dalam rantai makanan.
  3. Setelah melakukan kegiatan kelompok, setiap kelompok membuat rantai makanan dan jaring-jaring makanan, serta untuk mengetahui adanya aliran energi dalam rantai makanan.
  4. Setelah kegiatan pengamatan ekosistem selesai, guru memberi tugas lagi kepada setiap kelompok untuk mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan bagan daur karbon yang telah ada.
  5. Setelah melakukan kegiatan diskusi siswa diberi tugas untuk membuat laporan hasil diskusi, kemudian hasil kerja kelompok dipresentasikan.
  6. Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan.
  7. Setelah mendapat tanggapan, selanjutnya melakukan penyempurnaan hasil kerja kelompok.

c. Konfirmasi

  1. Guru memberikan timbal balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  2. Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

3. Kegiatan Penutup

a. Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran.

b. Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang telah dilakukan.

c. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas individu kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal uji kompetensi 1 di rumah sebagai pekerjaan rumah (PR).

Pertemuan Ketiga

1. Pendahuluan

a. Apersepsi

  1. Apa yang Anda ketahui tentang suksesi?
  2. Sebutkan dua macam tipe ekosistem secara garis besar!

b. Motivasi

Siswa  disuruh  mengamati  dua  gambar  yang  telah  tersedia,  kemudian  disuruh  menjawab permasalahan-permasalahan yang ada.

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

  1. Guru menjelaskan tentang pengertian suksesi, serta menjelaskan perbedaan antara suksesi primer dan suksesi sekunder.
  2. Guru menjelaskan menjelaskan dua macam tipe ekosistem, yaitu ekosistem darat dan ekosistem perairan.
  3. Guru mengapresiasi jawaban soal-soal uji kompetensi 1 yang telah dikerjakan siswa di rumah.
  4. Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
  5. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa, antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lain.
  6. Guru melibatkan siswa aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

b. Elaborasi

  1. Guru memberi tugas kepada setiap siswa untuk mengamati peristiwa suksesi dan untuk menjelaskan perbedaan antara suksesi primer dan suksesi sekunder.
  2. Setelah melakukan kegiatan individu, setiap siswa menjawab permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kegiatan yang telah dilakukan.
  3. Setiap siswa membuat kesimpulan terhadap kegiatan yang telah dilakukan.

c. Konfirmasi

1) Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.

2) Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.

3. Kegiatan Penutup

a. Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran.

b. Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang telah dilakukan.

c. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas individu kepada siswa, yaitu siswa disuruh mengerjakan soal-soal uji kompetensi 2 di rumah sebagai pekerjaan rumah (PR).

Pertemuan Keempat

1. Pendahuluan

Guru mengulas secara singkat materi tentang ekosistem.

2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

  1. Guru mengapresiasi jawaban soal-soal uji kompetensi 2 yang telah dikerjakan siswa di rumah.
  2. Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.

b. Elaborasi

  1. Setiap siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal ulangan harian 4.
  2. Setelah mengerjakan soal-soal ulangan harian 4, guru bersama siswa mengoreksi dan membahas jawaban soal-soal ulangan harian 4.

c. Konfirmasi

  1. Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
  2. Guru menyimpulkan hasil belajar siswa.

3. Kegiatan Penutup

Guru memberikan penilaian hasil belajar siswa dari materi bab 4.

H. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Buku paket Biologi X SMA.
  2. Buku Biologi Xb SMA/MA terbitan BSE
  3. Buku-buku referensi yang relevan.
  4. Alat-alat praktikum.

i. Penilaian

No.

Jenis

Bentuk

Instrumen/Aktivitas

1

Penugasan

Kegiatan kelompok

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan mandiri

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan eksplorasi

Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.

2

Pelatihan

Uji Kompetensi

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.

Ulangan Harian

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya

Tindak Lanjut

Perbaikan; Pengayaan

Guru Mata Pelajaran

Budiyanto

 

Artikel Terkait

Updated: 12 November 2014 — 05:22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014