Contoh RPP Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:

  1. Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia.

• Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

No.

Nilai Sikap

Definisi

Keterkaitan Nilai

1

Peduli Lingkungan

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. • Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan.

2

Mandiri

Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. • Mencari sumber di perpustakaan untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan pustakawan.• Menerjemahkan sendiri kalimat bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya.

3

Toleransi

Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. • Memberi kesempatan kepada teman untuk berbeda pendapat.• Bersahabat dengan teman lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis.

• Mau menerima pendapat yang berbeda budayanya.

4

Kerja Keras

Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi b e r b a g a i hamba t a n b e l a j a r, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. • Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.• Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas di kelas dan luar kelas.

• Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber

B. Materi Pembelajaran

  • Ciri umum dunia tumbuhan
  • Klasifikasi tumbuhan
  • Ciri-ciri  dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
  • Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
  • Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
  • Peranan Bryophyta bagi manusia

C. Metode Pembelajaran

  1. Metode Diskusi
  2. Metode Ceramah
  3. Metode Eksperimen
  4. Metode Penugasan

Strategi Pembelajaran 

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Mengamati tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji

Menggambar struktur tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan spermatophyta

Diskusi mendeskripsikan ciri tumbuhan paku

Siswa dapat Mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

I. Pendahuluan

• Apersepsi

Bagaimanakah pengelompokan Regnum Plantae?

• Motivasi

Beberapa jumlah tumbuhan berpembuluh memiliki tinggi mencapai puluhan meter. Bagaimanakah cara air yang diserap oleh akar dapat mencapai pucuk daun?.

II. Kegiatan Inti

Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)

a. Kegiatan awal (10 menit)

  • Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
  • Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
  • Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut

B. Kegiatan inti (70 menit)

“ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

  • Siswa mengamati  tumbuhan lumut secara berkelompok.

“ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

  • Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut.

“ Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

  • Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
  • Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.

Pertemuan 4 (1 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (5 menit)

  • Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.

B.    Kegiatan inti (35 menit)

“ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

  • Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.

“ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

  • Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut. Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.

“ Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

C.    Kegiatan akhir (5 menit)

Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.

E. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Buku paket Biologi X SMA.
  2. Buku Biologi Xb SMA/MA terbitan BSE
  3. Buku-buku referensi yang relevan.
  4. Alat-alat praktikum.

F. Penilaian

No.

Jenis

Bentuk

Instrumen/Aktivitas

1

Penugasan

Kegiatan kelompok

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan mandiri

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan eksplorasi

Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.

2

Pelatihan

Uji Kompetensi

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.

Ulangan Harian

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya

Tindak Lanjut

Perbaikan; Pengayaan

Guru Mata Pelajaran

Budiyanto

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme