Daftar Organel Sel

Daftar Organel Sel. Organel menghasilkan energi dan membuat protein, dan fungsi lainnya. Organel didefinisikan sebagai struktur khusus ┬ámembran yang memiliki fungsi tertentu dalam sel. Jenis-jenis organel yang terkandung dalam sel eukariotik bervariasi tergantung pada apakah itu adalah sel tumbuhan atau hewan. “Eukariotik” berarti sel memiliki inti. Sel prokariotik – bakteri – tidak memiliki inti.

Pusat Kontrol sel – Inti

Semua sel eukariotik memiliki inti. Kromosom disimpan dalam inti, dan mengandung DNA. Inti ini dikelilingi oleh membran nukleous atau selubung yang melindungi DNA dari kontak tidak disengaja dengan racun dalam sitoplasma. DNA bereplikasi di dalam nukleus. Hal ini juga dalam inti yang mRNA diciptakan dari DNA melalui transkripsi. mRNA melewati selubung nukleus. Setelah di luar selubung, mRNA membuat protein. Dengan cara ini DNA mengendalikan kegiatan sel.

Energi Tumbuhan – Mitokondria

Sel Hewan dan Tumbuhan

Sel Hewan dan Tumbuhan

Kedua sel tumbuhan dan hewan memiliki mitokondria. Mitokondria memproduksi energi sel dan di sini berlangsung glikolisis dan siklus asam sitrat. Siklus asam sitrat juga dikenal sebagai siklus Krebs. Selain memproduksi energi sel, mitokondria memiliki materi genetik sendiri berbentuk lingkaran mereka.

Produsen – Ribosom

Ribosom terjadi pada sel eukariotik dan prokariotik. Setelah mRNA telah meninggalkan inti, mengapung melalui sitoplasma hingga mencapai ribosom. Ribosom melaksanakan perintah DNA. Ribosom bisa mengapung bebas di sitoplasma atau melekat pada retikulum endoplasma. Ribosom menerjemahkan mRNA menjadi protein.

Protein Kustomisasi – Retikulum endoplasma

Dua jenis retikulum endoplasma (RE) yang ada di dalam sel, kasar dan halus. Ribosom melampirkan ke RE sebagai bagian dari proses pembuatan protein. Ribosom menempel pada retikulum endoplasma kasar, memberikan penampilan yang menonjol. RE Halus tidak memiliki ribosom terpasang. Protein bergerak sepanjang RE dari kasar untuk menghaluskan, dimodifikasi sepanjang jalan. Dari RE, protein disimpan ke kompleks Golgi.

Transportasi – Golgi dan Vesikel

Kedua sel tumbuhan dan hewan memiliki Golgi dan vesikel. Kompleks Golgi, yang terlihat seperti tumpukan kue dadar, berfungsi sebagai terminal pengiriman. Lebih lanjut memodifikasi dan paket protein untuk transportasi. Selain kontrol transportasi, Golgi juga memproduksi lisosom. Vesikel dengan ukuran yang kecil, struktur oval dalam sitoplasma, protein ditransportasikan ke mana mereka dibutuhkan.

Kolektor Sampah – Lisosom

Sel bukanlah sistem tertutup, sampah dan bakteri datang dari luar. Juga, produk sampingan yang beracun dari aktivitas sel menumpuk di sitoplasma. Lisosom mengandung enzim yang membantu menghancurkan benda asing dan racun. Tanpa mereka, sel akan menjadi tercemar dan mati.

Sel Tumbuhan – Kloroplas

Sel tumbuhan yang unik karena mengandung kloroplas. Mitokondria dan kloroplas serupa. Mereka berdua memiliki DNA sendiri, dan mereka membuat energi untuk sel. Sementara mitokondria menggunakan glikolisis, kloroplas menghasilkan energi melalui fotosintesis. Hewan memerlukan gula, tumbuhan membutuhkan sinar matahari.

Artikel Terkait

Updated: 15 November 2014 — 17:26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014