Dampak Fisik dan Psikologis dari Stres

Dampak Fisik dan Psikologis dari Stres. Sakit kepala, insomnia, gangguan lambung, hati, dll adalah beberapa efek umum dari stres. Artikel ini akan memberikan informasi lebih lanjut tentang efek jangka pendek serta efek jangka panjang stres.

Dampak Fisik dan Psikologis dari Stres

Dampak Fisik dan Psikologis dari Stres

Stres merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit dan gangguan di dunia saat ini. Orang-orang menderita stres karena berbagai alasan seperti pekerjaan, karir, penyakit, kematian, hubungan, keuangan, keluarga, dll yang gila kerja lebih rentan untuk menderita dari itu. Sebagian besar orang cenderung mengabaikan stres dan sangat bergantung pada obat-obatan untuk menyingkirkan tanda-tanda dan gejala. Namun, mereka tidak menyadari hasil jangka panjang dan tahan lama stres. Mari kita lihat.

Dampak Fisik dari Stres

Seseorang yang menderita stres menghadapi beberapa gangguan tubuh. Hal ini karena ia cenderung mengabaikan kesehatannya, tidak memiliki pola makan yang benar, tidak berolahraga secara teratur dan kecemasan dan khawatir memiliki efek negatif pada tubuhnya. Efek fisik dari stres termasuk gangguan lambung, jantung, fungsi abnormal pencernaan serta sistem reproduksi. Jika seseorang sudah menderita kondisi kronis, alergi, penyakit kulit, stres cenderung memperburuk itu.

Palpitasi, denyut jantung lebih cepat
Nyeri di dada, bahu, leher, punggung
Berkeringat, kulit dingin dan lembap
Sesak napas, kesulitan bernafas
Mulut kering dan kesulitan menelan
Rasa sakit dan ketidaknyamanan di perut
Kehilangan nafsu makan
bisul perut
Diare, mencret, sembelit
Peningkatan kadar gula darah
Gangguan tidur, insomnia
Mengurangi gairah seks
Peningkatan tekanan darah, hipertensi
Penyakit jantung, serangan jantung

Dampak psikologis dari Stres

Stres juga mempengaruhi kemampuan berpikir seseorang sebagai makhluk emosional. Kecemasan, kesulitan dalam berpikir, analisis dan depresi yang paling umum psikologis serta tanda-tanda fisik dari stres.

perubahan suasana hati
gangguan kecemasan
Kesulitan dalam konsentrasi
Rasa pesimis
konstan mengkhawatirkan
Iritabilitas, kenaikan cepat marah
gelisah
Gangguan kenangan, hilang ingatan
Perasaan kesepian, pengasingan
depresi
gugup
pikiran pacuan

Selain ini, perilaku obsesif atau ekstrim seperti makan berlebihan atau kurangnya nafsu makan, pengasingan atau agitasi ekstrim, kesulitan dalam hamil, disfungsi seksual, narkoba, penyalahgunaan alkohol, kecanduan rokok dan perjudian, dll adalah beberapa konsekuensi dari stres pada manusia makhluk.

Ada beberapa teknik yang dapat membantu dalam mengurangi stres. Yoga, meditasi, Vipassana, dll adalah beberapa teknik terkenal dan paling efektif. Di sisi lain, melakukan hobi setiap hari, menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai atau teman, dll juga beberapa cara mudah namun bermanfaat menyingkirkan stres. Terakhir, perlu dicatat bahwa mengambil jenis antidepresan atau obat lain dan obat pasti akan mengorbankan kesehatan seseorang dan karenanya, orang disarankan untuk tidak menggunakannya.

Artikel Terkait

Updated: 4 November 2014 — 18:39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme