Aliran Energi dalam Ekosistem

Aliran Energi dalam Ekosistem- Ekosistem adalah suatu sistem yang dinamis karena selalu terjadi perubahan-perubahan secara terus menerus yang ditandai dengan adanya aliran energi, daur materi, dan produktivitas ekosistem, seperti pada Gambar 10.4 berikut. Perhatikan Gambar 10.4! Sumber energi dari suatu ekosistem berasal dari cahaya matahari, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tumbuh-tumbuhan sebagai produsen membutuhkan cahaya tersebut untuk melakukan proses fotosintesis, dimana sebagian energi tersebut berpindah kepada konsumen I dan dalam bentuk makanan, selanjutnya berpindah lagi kepada konsumen II dan III.

Jika produsen dan konsumen mati, akan menjadi sampah organik. Sampah tersebut mengalami pembusukan dari hasil penguraian mikroba tanah sehingga menjadi humus, sebagian lagi terurai menjadi gas atau mineral. Sampai di sini, materi yang berupa gas atau mineral dimanfaatkan lagi oleh tumbuhan (produsen). Dengan demikian, dapat diketahui bahwa aliran energi berbeda dengan aliran materi. Aliran materi bersifat siklus, sedangkan aliran energi bersifat menuju satu arah, yaitu sampai pada tingkat mikroba.

Gambar 10.4 Aliran energi dan daur materiGambar 10.4 Aliran energi dan daur materi

Aliran Energi dalam Ekosistem

Aliran Energi. Secara langsung maupun tidak langsung, sumber energi setiap ekosistem berasal dari sinar matahari yang diubah oleh tumbuhan hijau (autotrof) menjadi energi kimia dalam bentuk zat-zat organik (makanan) melalui proses fotosintesis. Coba ingat kembali mengenai proses fotosintesis dan tuliskan persamaan reaksinya! Pada proses fotosintesis, bentuk energi diubah dari energi cahaya menjadi energi kimia dan berpindah ke konsumen I, II, dan III, yang berakhir pada proses penguraian. Di dalam proses penguraian, energi ini dilepaskan dalam bentuk panas, kemudian tersebar ke lingkungan dan tidak dapat dimanfaatkan lagi. Perhatikan lagi Gambar 10.4! Dalam hal ini terjadi jalur makan dan dimakan, yaitu proses produsen yang dimakan oleh konsumen I, selanjutnya konsumen I dimakan konsumen II, konsumen II dimakan konsumen III. Peristiwa ini disebut sebagai rantai makanan.

Artikel Terkait

Updated: 5 December 2014 — 00:04

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme