Fungsi Progesteron Selama Kehamilan

Fungsi Progesteron Selama Kehamilan. Kehamilan adalah fase yang sangat penting dalam kehidupan seorang wanita. Ketidakseimbangan hormon secara signifikan dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Kelenjar adrenal pada wanita melepaskan sejumlah kecil progesteron yang meningkatkan produksi hormon penting lainnya seperti estrogen, kortisol dan testosteron. Korpus luteum di ovarium memproduksi progesteron dalam jumlah besar. Hormon memainkan peran penting dalam ovulasi, menstruasi, pembuahan dan kehamilan yang sehat. Mengapa dikatakan progesteron yang sangat penting untuk keselamatan janin? Temukan jawaban untuk pertanyaan ini di bagian berikut.

Pentingnya Progesteron Selama Kehamilan

Fungsi Progesteron

Fungsi Progesteron

Pada ‘sel granulosa’ dari ovarium melepaskan hormon progesteron. Korpus luteum mulai melepaskan hormon setelah ovulasi, melalui sel-sel granulosa. Pelepasan hormon ini meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah yang menyediakan darah ke dinding rahim (endometrium). Hal ini menjamin lebih pasokan darah ke rahim. Jadi progesteron membantu tubuh mempersiapkan kehamilan. Ini merangsang fungsi kelenjar kecil di lapisan rahim. Kelenjar ini mengeluarkan cairan yang menyediakan nutrisi untuk sperma dan embrio. Jika wanita tidak berhasil hamil, progesteron tidak ada lagi diproduksi dan tubuh mulai mempersiapkan menstruasi.

Ketika telur wanita dibuahi oleh sperma, itu menempel pada dinding rahim. Proses ini disebut implantasi. Plasenta kemudian melepaskan hormon b-HCG. Jika b-HCG dilepaskan, korpus luteum terus produksi progesteron (dan estrogen). Ini mencegah menstruasi dan tubuh mulai mempersiapkan kehamilan. Korpus luteum terus memproduksi progesteron untuk pertama 8-9 minggu. Selama periode ini, perkembangan plasenta berlangsung. Kemudian membatasi aliran hormon b-HCG. Akibatnya, korpus luteum secara bertahap berhenti memproduksi progesteron dan plasenta itu sendiri mulai merilis jumlah yang cukup progesteron.

Dengan bantuan hanya progesteron, tubuh berhasil dalam menjaga suhu tubuh yang diperlukan selama ovulasi. Penebalan endometrium, epitel vagina dan lendir serviks untuk melindungi janin dari infeksi hanya mungkin dengan adanya hormon ini. Jadi, progesteron mencegah keguguran dengan menyiapkan tempat yang aman bagi janin. Tingkat progesteron rendah pada awal kehamilan karena dapat menyebabkan keguguran.

Selama kehamilan, progesteron membantu meningkatkan fungsi-fungsi dari plasenta. Ia tidak mengijinkan sel-sel yang tidak diinginkan untuk tumbuh dekat aturan-aturan rahim dan dengan demikian, keluar kemungkinan dari setiap jenis kerusakan ke plasenta dan janin. Hal ini memainkan peran penting dalam pertumbuhan dari jaringan payudara dan membantu menjaga ketebalan endometrium selama kehamilan. Ini mencegah gerakan abnormal atau spontan dari rahim atau kontraksi sebelum waktunya rahim.

Progesteron juga membantu tubuh untuk mempersiapkan untuk produksi susu dan itu mencegah laktasi sampai kelahiran dengan bantuan estrogen. Ketika tingkat hormon ini drop-down sebelum melahirkan, kelenjar di payudara mulai melepaskan susu. Ketika plasenta berhenti memproduksi progesteron pada akhir kehamilan, wanita itu mengalami awal persalinan. Kontraksi uterus yang parah memfasilitasi melahirkan.

Penggunaan Suplemen progesteron

Bercak diikuti oleh kram pada awal kehamilan menunjukkan tingkat progesteron rendah. Wanita hamil juga mungkin mengalami nyeri pada payudara, vagina kering, sakit punggung, kelemahan, depresi karena rendahnya tingkat hormon ini. Setelah memeriksa gejala-gejala ini, dokter mungkin menyarankan dia untuk mengambil suplemen progesteron. Pengambilan progesteron alami dapat membantu meningkatkan kadar hormon ini. Meskipun produk over-the-counter progesteron yang tersedia di pasar, perempuan tidak harus memilih produk ini tanpa konsultasi dokter. Dosis yang salah dapat menyebabkan tingkat progesteron abnormal tinggi dan dapat menyebabkan efek samping yang serius.

Jika Anda berencana untuk hamil, maka Anda harus mendapat diperiksa oleh dokter sebelum pembuahan, untuk menghindari komplikasi selama kehamilan. Sekarang Anda tahu apa peran hormon progesteron memainkan selama kehamilan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kadar progesteron alami. Yang mengarah gaya hidup bebas stres sangat penting untuk keseimbangan hormon dalam tubuh Anda. Merokok berlebihan, penyalahgunaan alkohol, gaya hidup, kurang olahraga, pola makan yang salah, makan / tidur kebiasaan buruk, konsumsi obat yang berlebihan dan obat-obatan dapat menyebabkan tingkat progesteron rendah. Dengan perubahan tertentu dalam gaya hidup dan pola makan, Anda dapat menikmati kehamilan yang aman dan sehat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme