Hubungan Jumlah Proton Elektron dan Nomor Atom

Hubungan Jumlah Proton Elektron dan Nomor Atom – Apakah yang dimaksud dengan nomor atom dan nomor massa? Kedua besaran ini menyatakan identitas suatu atom untuk membedakan dengan atom-atom lain.

Jika suatu anode disinari dengan sinar katode akan dihasilkan sinar- X dengan panjang gelombang bergantung pada jumlah proton dalam atom logam yang dijadikan anode (Gambar 1.6). Panjang gelombang sinar-X menurun dengan bertambahnya jumlah proton dalam atom logam.

Gambar 1.6 Sinar-X dipancarkan oleh anode yang disinari dengan berkas sinar elektron berenergi tinggi.

Gambar 1.6 Sinar-X dipancarkan oleh anode yang disinari dengan berkas sinar elektron berenergi tinggi.

Pada percobaan lain, Moseley menemukan bahwa jumlah proton berbanding lurus dengan nomor atom. Jika jumlah proton bertambah satu satuan maka nomor atom unsur tersebut juga bertambah satu satuan. Apa yang dapat Anda simpulkan dari data di atas? Simak pernyataan berikut.

a. Setiap logam tersusun atas atom-atom logam dan atom logam disusun oleh proton, elektron, dan neutron. Oleh karena sinar-X bergantung pada proton maka jumlah proton merupakan sifat khas suatu atom.

b. Jumlah proton sebanding dengan nomor atom. Oleh karena itu, nomor atom menyatakan jumlah proton dalam atom dan bersifat khas untuk setiap atom. Nomor atom dilambangkan dengan Z.

Contoh

1. Berapakah nomor atom besi jika jumlah proton dalam inti atom besi 26?

2. Berapakah jumlah elektron dalam atom natrium netral jika nomor atom natrium = 11?

Jawab

1. Nomor atom = jumlah proton

Oleh karena jumlah proton dalam atom besi = 26 maka nomor atom besi = 26

2. Nomor atom = jumlah proton

Dalam atom netral, jumlah proton = jumlah elektron

Jadi, jumlah elektron dalam atom natrium = 11.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014