Ciri Klasifikasi Organisme 6 Kingdom

Untuk mengenali dan mempelajari makhluk hidup secara keseluruhan tidak mudah sehingga dibuat klasifikasi (pengelompokan) makhluk hidup. Klasifikasi makhluk hidup adalah suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu. Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), Famili (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis). Di masa lalu, semua makhluk hidup terdiri dari dua kategori – tumbuhan dan hewan. Organisme yang tetap diam diklasifikasikan sebagai tanaman, sedangkan hewan terdiri dari semua makhluk hidup yang memiliki kemampuan untuk bergerak. Seiring perjalanan waktu, organisme hidup lainnya ditemukan bahwa dapat dimasukan baik dalam tanaman maupun hewan. Sampai sekarang, semua organisme hidup diklasifikasikan menjadi enam kerajaan berdasarkan modus nutrisi, jenis sel dan jumlah sel dalam tubuh.

Archaebacteria

archaebateriaArchaebacteria adalah bentuk kehidupan tertua di Bumi. Archaebacteria pertama kali ditemukan di kolam termal yang panas dan ventilasi lautan yang dalam, di mana mereka dapat hidup dalam air mendidih. Mereka dapat ditemukan di banyak habitat lain. Mereka adalah organisme bersel satu tanpa inti. Archaebacteria non-patogenik. Mereka digunakan dalam produksi bio-gas, dalam pengolahan limbah di bidang bioteknologi.

Eubacteria

Eubacteria

Eubacteria adalah uniseluler, mikroskopis dan dapat hidup hampir di mana saja.

Seperti archaebacteria, Eubacteria adalah adalah organisme yang kompleks, organisme bersel tunggal. Mereka adalah jenis bakteri yang ditemukan hampir di mana saja, bahkan di dalam diri Anda. Beberapa Eubacteria bersifat patogen. Anggota kelompok ini memiliki makna besar dalam pengolahan limbah, pengendalian hama secara biologis, makanan fermentasi dan penelitian ilmiah.

Protista

Mastigophora - Euglenophyta

Mastigophora – Euglenophyta

Protista dapat bersel tunggal atau multi-sel. Mereka memiliki organel membran-terikat, termasuk inti sejati, dan mungkin memiliki kloroplas, sehingga beberapa protista bisa menjadi berwarna hijau. Beberapa protista mampu bergerak, dan beberapa lagi tidak. Protista memperoleh nutrisi dengan penyerapan, konsumsi organisme lain dan fotosintesis  (proses yang mengubah karbon dioksida menjadi senyawa organik dengan menggunakan energi dari sinar matahari). Klasifikasi protista termasuk amuba, ganggang hijau, ganggang coklat, diatom, Euglena dan jamur lendir.

Fungi

jamur kancing.

Memang bentuknya mirip seperti kancing, sehingga disebut jamur kancing.

Jamur terdiri dari sekelompok bersel tunggal atau multiseluler, organisme non-motil. Ukuran dari anggota yang termasuk kelompok ini dapat berkisar dari ukuran mikroskopis kecil (ragi)sampai besar (jamur). Organisme diklasifikasikan dalam jamur termasuk jamur payung dan jamur. Jamur adalah tumbuhan heterotrof (mereka memperoleh nutrisi mereka dengan penyerapan dari bahan yang mengandung karbon organik, yang sudah mati dan organisme yang membusuk).

Plantae

Plantae

Plantae Magnoliophyta Magnoliopsida Rosidae Rosales Crassulaceae

Kerajaan Plantae meliputi organisme multiseluler, organisme hidup non-motil yang memiliki akar, batang dan daun. Organisme ini memiliki dinding sel dan mengandung pigmen klorofil fotosintesis. Oleh karena itu, mereka mensintesis makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Organisme diklasifikasikan dalam kerajaan ini meliputi ganggang, lumut, pakis dan tanaman non-berbunga dan berbunga.

Animalia

hewan

Hewan atau disebut juga dengan binatang adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan Animalia atau metazoa, adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup di bumi. Sebutan lainnya adalah fauna dan margasatwa.

Kerajaan Animalia adalah sekelompok organisme multiseluler motil. Beberapa organisme termasuk dalam kerajaan ini adalah serangga, cacing, ikan, reptil, burung, amfibi dan mamalia. Mereka tidak dapat membuat makanannya sendiri, dan modus  nutrisi mereka adalah dengan memakan organisme lain.

Baca juga artikel terkait dengan Ciri Klasifikasi Organisme 6 Kingdom

Updated: 2015-03-30 — 05:53

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2015