Lokasi Fungsi dan Macam Rangka

Letak Fungsi dan Macam-macam Rangka- Anda tentu pernah makan ayam goreng. Jika sedang makan ayam, maka Anda akan menemukan bagian daging yang berada di sebelah luar dan tulang yang berwarna putih di bagian dalamnya. Daging ini sebenarnya adalah otot, adapun tulang-tulang akan membentuk suatu kesatuan yang disebut rangka. Coba perhatikan, letak otot dan rangka yang berdampingan dan melekat sangat erat. Coba jelaskan hubungan antara otot dan rangka! Apa pula fungsi otot dan rangka bagi tubuh ayam? Untuk menjawab itu simak artikel Letak Fungsi dan Macam-macam Rangka. Pertanyaan tersebut bisa dihubungkan dengan beberapa aktivitas sehari-hari yang kita lakukan. Kita bisa bergerak, berjalan, dan melakukan berbagai aktivitas karena ada bagian tubuh yang mengadakan kontraksi dan relaksasi. Bagian tersebut adalah rangka dan otot. Gerakan kita sebenarnya merupakan hasil kerja sama dari rangka dan otot. Otot adalah bagian tubuh yang mampu berkontraksi, sedangkan rangka tidak mempunyai kemampuan seperti itu. Jika otot berkontraksi, secara otomatis rangka juga ikut bergerak karena otot terletak melekat erat dengan rangka. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa otot adalah alat gerak aktif, sedangkan rangka merupakan alat gerak pasif. Mengapa rangka dapat dikatakan sebagai alat gerak pasif? Hal ini disebabkan pergerakan rangka sebenarnya disebabkan adanya kontraksi otot.

A. Macam-macam Rangka

Berdasarkan letak susunannya, rangka dapat dibedakan menjadi dua. 1. Rangka endoskeleton, yaitu rangka yang terletak di dalam tubuh 2. Rangka eksoskeleton, rangka ini terletak di luar tubuh. Rangka endoskeleton terdapat pada hewan vertebrata, sedangkan rangka eksoskeleton terdapat pada hewan invertebrata. Coba Anda berikan contohnya! Apakah fungsi rangka bagi tubuh?

B. Fungsi Rangka

Secara umum, fungsi rangka adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Alat Gerak Pasif, Rangka bisa bergerak apabila ada kontraksi otot sehingga dikatakan bahwa gerak rangka tergantung otot.

2. Tempat Melekatnya Otot Rangka, Letak otot melekat pada rangka. Otot dan rangka letaknya berdampingan dan melekat erat.

3. Memberi Bentuk Tubuh,  Konstruksi tulang pada tubuh kita yang sedemikian rupa dapat memberi bentuk tubuh. Perhatikan bentuk tubuh Anda dari kepala, badan, lengan, dan kaki, yang mempunyai bentuk berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena kerangka yang berbeda-beda pula. Coba sebutkan bentuk masing-masing anggota tubuh tersebut!

4. Memberi Kekuatan dan Menunjang Tegaknya Tubuh,  Jika kita ukur, berat tulang yang sebenarnya pada orang dewasa ± 5-9 kg. Jika dibandingkan dengan berat tubuh kita, masih ringan bukan? Tetapi, meskipun demikian ternyata tulang kita memiliki kekuatan luar biasa. Buktinya, ia dapat menopang berat badan tubuh kita yang lebih berat.

Coba perhatikan seorang pekerja keras, seperti kuli bangunan yang sering mengangkat beban berat, hal ini menunjukkan kekuatan yang luar biasa pada tulang kita. Tulang yang kuat terutama adalah tulang yang berbentuk pipa, yaitu yang terletak di lengan dan pangkal kaki.

5. Melindungi Organ Tubuh yang Lemah Tulang yang mempunyai fungsi ini terutama yang menyusun tulang dada, tulang rusuk, dan tulang belakang. Dengan adanya tulang-tulang tersebut, organ tubuh yang vital seperti jantung dan paru-paru dapat terlindungi.

6. Tempat Pembentukan Sel Darah Sel darah dibentuk di dalam sumsum tulang. Sumsum tulang ini terletak di rongga-rongga bagian dalam tulang.

Jenis-jenis rangka

3 jenis rangka utama yaitu:

  • Rangka dalam
  • Rangka luar
  • Rangka hidrostatik

Rangka dalam

Tulang dan rawan terdapat di dalam badan organisme. Contoh organisme yang memiliki rangka dalam ialah:

  • Ikan(pisces)
  • Ular (reptilia)
  • kucing(mamalia)
  • Manusia(mamalia)

Rangka luar

Rangka ini merupakan rangka yang tegar terdapat di luar badan organisme. Tujuannya adalah agar semua rangka atau bagian keras yang terdapat di luar badan organisme yang bertujuan untuk menyokong, melindungi atau menjadi tempat perlekatan otot hewan. Organisme invertebrata selalu mempunyai rangka luar yang terbuat dari kitin atau kalsium. Hewan juga mengalami ekdisis, yakni proses ganti kulit. Hal ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan pergerakan dan pertumbuhan yang. Contoh organisme berangka luar ialah:

  • Udang – Kulit udang tersusun dari kitin
  • Siput – Cangkang siput terbuat dari kalsium
  • Ketam
  • Serangga

Rangka hidrostatik

Rangka ini merupakan tekanan cairan yang terdapat dalam suatu ruang yang dibalut oleh rangkaian otot dalam organisme tertentu. Contoh organisme yang mempunyai rangka hidrostatik ialah:

  • Ubur-ubur
  • Cacing tanah
  • Ulat bulu

Artikel Terkait

Updated: 12 September 2011 — 11:10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014