Macam-macam Sel Saraf

Macam-macam Sel Saraf – Sel saraf ada tiga macam, yaitu sel saraf sensorik, sel saraf motorik, dan sel saraf penghubung.

a. Sel saraf sensorik, bekerja menerima rangsang dari luar untuk dilanjutkan ke sel saraf berikutnya. Fungsi saraf ini adalah untuk menerima rangsang dari alat indra kemudian meneruskan impuls sarat ke pusat saraf, yaitu otak atau sumsum tulang belakang. Sel saraf sensorik memiliki badan sel yang letak-nya berada di luar pusat saraf, yaitu di seluruh bagian tubuh yang dapat disentuh oleh rangsang, misalnya, di bagian kulit dan di pancaindera. Di kiri kanan sumsum tulang belakang, saraf sensorik berkumpul dalam bentuk ganglion.

b. Sel saraf motorik, bekerja menerima rangsang atau pesan dari pusat saraf (otak dan sumsum tulang belakang) dan merambatkan impulsnya ke efektor. Efektor, yaitu bagian tubuh yang melakukan kontraksi sebagai respons terhadap rangsang. Sel saraf motorik memiliki badan sel yang terletak di dalam pusat saraf. Dendritnya pendek, tetapi neuritnya panjang. Neuron motor ini berfungsi untuk meneruskan impuls dari sistem saraf pusat ke otot dan kelenjar yang akan melakukan respon tubuh. Impuls secara langsung berjalan dari neuron sensori ke neuron motor.

c. Interneuron (Neuron Asosiasi). Interneuron ini merupakan sel saraf penyusun sistem saraf pusat, fungsinya untuk meneruskan impuls saraf dari neuron sensori ke neuron motor. Struktur interneuron ini, yaitu bagian ujung dendritnya dihubungkan langsung dengan ujung akson dari sel saraf yang lain. Perhatikan gambar macam-macam sel saraf berikut.

macam-macam sel saraf

Gambar Macam-macam sel saraf

Sel saraf berdasarkan strukturnya dibedakan menjadi tiga macam yaitu, neuron unipolar, neuron bipolar, dan neuron multipolar.

1. Sel saraf unipolar yaitu neuron yang memiliki satu buah akson yang bercabang.

2. Sel saraf bipolar yaitu neuron yang memiliki satu akson dan satu dendrit.

3. Sel saraf multipolar yaitu neuron yang memiliki satu akson dan sejumlah dendrit. Perhatikan gambar bentuk dasar sel saraf berikut.

bentuk dasar sel saraf

Gambar Bentuk dasar sel saraf

Artikel Terkait

Updated: 21 November 2014 — 14:03

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme