Manfaat Peta

Manfaat Peta – Dewasa ini, penggunaan peta sangat penting sekali dalam berbagai bidang kehidupan. Tidak hanya bidang geografi saja melainkan ekonomi, sosial, budaya, pariwisata, dan politik sangat membutuhkan keberadaan peta. Misalnya, pada bidang pariwisata, Apabila Anda pernah mengunjungi salah satu objek wisata, biasanya di depan pintu masuk objek wisata tersebut terdapat peta wilayah objek wisata. Peta wilayah objek wisata sangat bermanfaat bagi para wisatawan baik dalam maupun luar negeri untuk mengetahui lokasi objek-objek wisata di lokasi tersebut. Pada bagian ini, akan dibahas mengenai pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian.

1. Analisis Lokasi Industri

Dalam bidang industri, peta dapat dimanfaatkan untuk menentukan lokasi industri. Dalam penentuan lokasi industri harus memperhatikan aspek bahan baku, tenaga kerja, dan jaringan transportasi (jalan) untuk proses pemasaran. Peta-peta yang dapat digunakan untuk menganalisis lokasi industri yang strategis berdasarkan aspek bahan baku, tenaga kerja, dan jaringan jalan, antara lain peta geologi, peta persebaran sumber daya alam, peta kepadatan penduduk, dan peta jaringan jalan. Apabila peta-peta tersebut telah terkumpul, langkah selanjutnya adalah tumpang susunkan peta persebaran sumber daya alam, peta kepadatan penduduk, dan peta jaringan jalan. Hasil tumpang susun peta-peta tersebut akan menghasilkan peta baru yang dapat menunjukkan lokasi industri yang strategis baik dari aspek bahan baku, tenaga kerja, maupun jaringan jalan.

2. Analisis Lokasi Pertanian

Dalam bidang pertanian, peta dapat dimanfaatkan untuk menentu kan jenis tanaman yang cocok ditanam di lahan pertanian. Untuk menentukan jenis tanaman yang cocok ditanam di daerah tertentu harus memerhatikan aspek curah hujan, jenis tanah, dan kemiringan lereng.

Adapun peta-peta yang digunakan untuk menentukan jenis tanaman yang cocok di lokasi tertentu, antara lain peta curah hujan, peta jenis tanah, dan peta kemiringan lereng. Peta-peta tersebut dapat diperoleh dari instansi-instansi terkait, seperti Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Departemen Geologi dan Sumber Daya Mineral, dan departemen lain yang terkait.

Apabila peta-peta tersebut telah terkumpul, maka langkah selanjutnya yaitu overlay peta (tumpang susun peta). Peta curah hujan, jenis tanah dan kemiringan lereng ditumpangsusunkan sehingga menghasilkan peta yang baru yang dapat menentukan jenis tanaman tertentu yang cocok ditanam di lahan pertanian tersebut. Penentuan jenis tanaman sangat penting sekali karena berpengaruh terhadap tingkat produktivitas hasil pertanian dan tingkat kesejahteraan petani.

 

Artikel Terkait

Updated: 16 February 2013 — 00:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014