Membuat Tabel Microsoft Word 2007

Membuat Tabel Microsoft Word 2007- Suatu data dalam dokumen dapat dikelompokkan dan diorganisir dalam suatu tabel. Tabel diperlukan untuk memperlengkap informasi. Pengertian tabel sendiri adalah suatu format tampilan yang terdiri dari kolom dan baris. Pertemuan antara kolom dan baris tersebut dinamakan dengan sel. Anda dapat membuat tabel yang seragam dengan sel-sel berukuran standar, mengambar sebuah tabel sendiri dengan beragam ukuran sel, atau sebuah tabel dari teks yang sudah ada. Setelah membuat tabel, Anda bisa memasukkan teks, angka, dan gambar-gambar ke dalam sel-sel tersebut. Membuat tabel dalam Microsoft Word sangat mudah, karena Word telah menyediakan fasilitas ini melalui menu Tabel. Dari menu tabel tersebut, Anda dapat membuat tabel, menghapus tabel, mengurutkan data, menyisipkan kolom, menyisipkan baris, mengatur lebar kolom, mengatur tinggi baris, menggabungkan sel, mengubah kolom, dan perintah-perintah yang lainnya.

1. Menyisipkan Tabel Microsoft Word 2007

Dalam pembuatan tabel, seyogyanya lebih dahulu diketikkan judul tabelnya, baru kemudian letakkan kursor pada posisi di bawah judul tabel. Langkah-langkah pembuatan tabel dalam Word 2007 adalah melalui tab Insert, kemudian klik Table hingga muncul jumlah kotak yang diinginkan. Langkah berikutnya adalah klik dan drag kotak-kotak sesuai jumlah kolom dan baris yang diinginkan. Selain itu, cara yang lain dapat juga dilakukan dengan cara klik Insert Tabel untuk menentukan jumlah kolom dan barisnya. Klik OK untuk memunculkan tabel yang dibuat. Perhatikan kotak dialog Insert Table berikut ini dan klik OK.

Gambar 5.63. Tab Insert Table dalam Microsoft Word 2007

Gambar 5.63. Tab Insert Table dalam Microsoft Word 2007

2. Mengelola Tabel Microsoft Word 2007

Saat pertama kali membuat tabel dalam dokumen, semua kolom maupun baris masih dalam keadaan standar sehingga perlu dikelola sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

a. Mengubah ukuran kolom dan baris Word 2007

Proses pengaturan lebar kolom atau baris amatlah mudah. Letakkan kursor pada garis pemisah kolom yang akan dilebarkan, kemudian pastikan kursor berubah bentuk menjadi kursor Setelah itu, tekan dan geser (drag) ke kanan untuk melebarkan dan ke kiri untuk mengecilkan kolom. Jika menginginkan pengaturan kolom dengan lebar yang sama, caranya adalah blok kolom/baris yang akan dilebarkan. Kemudian klik menu Layout lalu pilih Autofit, selanjutnya ubahlah ukuran Distribute Columns (terletak di atas submenu Autofit) untuk lebar kolom dan Distribute Rows untuk tinggi baris. Perhatikan gambar berikut ini.

Gambar 5.64. Kotak dialog Autofit untuk pengaturan kolom atau baris

Gambar 5.64. Kotak dialog Autofit untuk pengaturan kolom atau baris

b. Menyisipkan kolom dan baris Word 2007

Jika menginginkan tambahan kolom atau baris karena jumlah kolom atau barisnya kurang pada saat pembuatan tabel, maka Anda dapat mengawali dengan pengeblokan sel atau cukup meletakkan kursor pada sel yang akan disisipkan. Cara untuk menyisipkan kolom atau baris adalah letakkan kursor pada kolom atau baris yang akan disisipkan, kemudian klik kanan pada kolom atau baris yang disorot tersebut. Jika Anda ingin menambahkan satu buah baris di bawah baris terakhir, maka cukup letakkan kursor di belakang cell terakhir tabel. Kemudian tekan enter, maka Anda akan mendapatkan 1 buah baris kosong.

Gambar 5.65. Langkah untuk menyisipkan kolom atau baris

Gambar 5.65. Langkah untuk menyisipkan kolom atau baris

c. Menghapus kolom dan baris Word 2007

Anda dapat menghilangkan kolom atau baris yang tidak diperlukan, dengan cara blok baris atau kolom yang akan dihapus, kemudian klik kanan pada baris atau kolom yang akan dihapus. Klik Delete untuk menghapus kolom atau baris yang dipilih.

Gambar 5.66. Perintah Delete Columns untuk menghapus kolom

Gambar 5.66. Perintah Delete Columns untuk menghapus kolom

Selain cara tersebut di atas baris atau kolom dapat dihapus dengan cara blok baris atau kolom yang akan dihapus, kemudian klik tab Layout (tab ini akan muncul pada saat Anda menyorot kolom atau baris).

Gambar 5.67. Submenu Delete terletak pada tab Layout

Gambar 5.67. Submenu Delete terletak pada tab Layout

d. Menggabungkan Sel Word 2007

Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel dapat membantu pada saat membuat judul tabel dan dapat membagi kolom dan baris tabel sehingga membentuk sel yang diharapkan. Perintah untuk menggabungkan sel adalah Merge Cells, caranya adalah blok sel yang akan digabung kemudian Klik kanan dan pilih Merge Cells. Seperti pada gambar 5.66 Cara lain untuk menggabungkan beberapa sel adalah dengan memblok sel yang akan digabung. Kemudian, klik tab Layout dan pilih submenu Merger lalu pilih Merge Cells.

Merge Cells.

Perhatikan tabel berikut yang merupakan hasil merge sel.

hasil merge sel.

3. Membuat Borders and Shading pada Tabel

Untuk memperbaiki tampilan dari tabel yang Anda buat, Anda dapat memanfaatkan fasilitas Border and Shading. Border and Shading merupakan perintah yang berfungsi untuk membuat efek bingkai dan arsiran pada objek. Border adalah memberi bingkai tepi pada halaman tertentu dengan modelmodel bingkai yang ada, sedangkan shading adalah warna dasarnya. Cara untuk membuat Borders and Shading melalui menu Format adalah sebagai berikut.

a. Blok teks/paragraph yang akan diformat.

b. Klik tab menu Home, kemudian pilih submenu Paragraph. Klik pada Border and Shading pada submenu Paragraph. Perhatikan gambar berikut.

Gambar 5.70. Kotak dialog Border and Shading

Gambar 5.70. Kotak dialog Border and Shading

c. Jika Anda menginginkan membuat bingkai pada halaman, pilihlah Page Border. Cara pengaturannya pada prinsipnya sama dengan Border pada teks atau paragraf. Hanya perbedaannya adalah adanya pilihan Art yang berupa bingkai seni artistik. Untuk mempercantik border dapat Anda tambahkan pewarnaan pada bingkai dengan cara klik pada tab Shading dan pilihlah warna sesuai selera, kemudian klik OK untuk mengakhiri perintah.

Gambar 5.71. Pilihan format pada kotak dialog Page Border dan Shading

Gambar 5.71. Pilihan format pada kotak dialog Page Border dan Shading

Artikel Terkait

3 Comments

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme