Mengatur Kolom dan Baris Excel 2007

Mengatur Kolom dan Baris Excel 2007- Anda dapat melakukan pengaturan kolom dan baris pada worksheet yang sedang dikerjakan. Pengaturan ini dapat dilakukan secara mudah.

a. Mengubah Ukuran Kolom Excel 2007

Anda dapat secara spesifik menentukan ukuran kolom. Caranya, blok sel atau range yang akan diatur ukurannya. Pada tab Home grup Cells, klik tombol Format kemudian klik Column Width. Masukkan nilai baru pada kotak Columnwidth, klik OK. Maka, lebar kolom D akan berubah sesuai keinginan. Cara lain mengubah ukuran kolom adalah, gerakan pointer mouse ke arah column headers. Posisikan pointermouse ke garis pemisah antara column header D dan E sampai pointer berubah. Lakukan dragging ke arah kanan untuk memperlebar dan ke arah kiri untuk mempersempit kolom.

Kotak dialog Column Width excel 2007

Gambar 5.32 Kotak dialog Column Widthuntuk menentukan lebar kolom

Untuk mengubah beberapa kolom dengan ukuran lebar yang sama, Anda dapat melakukannya, dengan memblok atau memilih dengan bantuan tombol Ctrl, beberapa ColumnHeader yang akan diubah. Selanjutnya, posisikan pointermouse ke sebuah garis pemisah dari column header yang terblok. Lakukan dragging ke arah kanan untuk memperlebar, atau ke arah kiri untuk mempersempit.

Cara mengatur kolom dengan dragging excel 2007

Gambar 5.33 Cara mengatur kolom dengan dragging

b. Menambahkan dan Mengurangi Kolom Excel 2007

Anda dapat menambahkan kolom-kolom dalam Excel dengan 2 (dua) cara, yaitu sebagai berikut.

1) Klik sebuah sel, misalnya pada sel A1. Klik tab Home, periksa grup Cells, klik tombol dropdown di sisi tombol Insert, klik Insert Sheet Columns.

2) Klik column header, misalnya column header B, klik kanan pada daerah kolom yang terblok dan pilih Insert.

tab Home>Insert

column header klik kanan

Gambar 5.34 Dua cara menambahkan kolom

(a) melalui tab Home>Insert

(b) pilih column header dan klik kanan

Kolom akan ditambahkan pada sisi kiri dari posisi kolom aktif. Untuk menambahkan beberapa kolom sekaligus, lakukan dengan memblok beberapa column header, kemudian lakukan salah satu cara di atas. Untuk mengurangi kolom juga disediakan 2 (dua) cara, yaitu sebagai berikut.

menghapus kolom melalui Home>Delete>Delete Sheet Column

Gambar 5.35 Cara menghapus kolom melalui Home>Delete>DeleteSheet Column

(1) Klik sebuah sebuah sel, misalnya sel A1. Pada tab Home, periksa grup Cells, klik tombol dropdown di sisi tombol Delete, klik Delete Sheet Columns.

(2) Klik column header misalnya column header B, klik kanan pada daerah kolom yang terblok dan pilih menu Delete.

Anda juga dapat mengurangi beberapa kolom sekaligus dengan memblok beberapa column header, kemudian lakukan salah satu cara di atas.

c. Mengubah Ukuran Baris Excel 2007

Untuk mengubah ukuran ketinggian baris dapat dilakukan dengan cara mengklik sebuah sel pada baris tersebut. Contoh, jika Anda ingin mengubah ukuran baris ke 10, klik saja sel A10, atau B10, atau x10. Pada tab Home, periksa grup Cells, klik tombol Format, kemudian klik Row Height. Masukkan nilai baru pada kotak dialog Row height, klik OK. Maka, baris 10 sudah berubah ukuran tingginya. Cara lain mengubah ukuran tinggi baris adalah, gerakan pointer mouse ke arah row headers. Posisikan pointer mouseke garis pemisah row header 10 dan 11. Lakukan draggingke arah bawah untuk mempertinggi dan ke arah kiri untuk memperpendek baris.

Mengubah Ukuran Baris

Mengubah Ukuran Baris Excel 2007

Gambar 5.36 (a) dan (b), dua cara mengubah ukuran baris

Untuk mengubah beberapa baris dengan ukuran tinggi yang sama, Anda dapat melakukannya, dengan memblok atau memilih dengan bantuan tombol Ctrl, beberapa row headeryang akan diubah ukurannya. Kemudian, posisikan pointermouse ke sebuah garis pemisah dari row header yang terblok. Lakukan dragging untuk mengubah ukuran baris.

beberapa row header yang akan diubah ukurannya

Gambar 5.37 Lakukan dragging untuk mengubah ukuran baris

d. Menambahkan dan Mengurangi Baris Excel 2007

Anda dapat menambahkan baris dalam Excel dengan 2 (dua) cara, yaitu sebagai berikut.

(1) Klik sebuah sebuah sel, misalnya sel A1. Klik tab Home, periksa grup Cells, klik tombol dropdown di sisi tombol Insert, klik Insert Sheet Rows.

(2) Klik row header, misalnya row header 5, klik kanan pada daerah kolom yang terblok dan pilih Insert .

menambahkan baris excel 2007

Gambar 5.38 Klik Home>Insert>InsertSheet Rows untuk menambahkan baris

Baris akan ditambahkan pada sisi atas dari nomor baris aktif. Untuk menambahkan beberapa baris sekaligus, dengan memblok beberapa row header, kemudian lakukan salah satu cara di atas.

memblok beberapa row header excel 2007

Gambar 5.39 Cara untuk menambahkan beberapa baris sekaligus

Untuk mengurangi baris juga disediakan 2 (dua) cara, yaitu sebagai berikut.

(1) Klik sebuah sebuah sel, misalnya sel A1. Klik tab Home, periksa grup Cells, klik tombol dropdown di sisi tombol Delete, klik Delete Sheet Rows

(2) Klik row header, misalnya row header 7, klik kanan pada daerah kolom yang terblok dan pilih menu Delete.

mengurangi baris excel 2007

Gambar 5.40 Klik Home>Insert>DeleteSheet Rows untuk mengurangi baris

Anda juga dapat mengurangi beberapa baris sekaligus dengan memblok beberapa row header, kemudian lakukan salah satu cara di atas.

Artikel Terkait

Updated: 17 November 2014 — 01:44

3 Comments

Add a Comment
  1. Sebuah Pengaturan terhadap perintah tertentu memang ada beberapa cara, dan itu dijabarkan dalam artikel di atas. bagaimana jika pembahasannya hanya satu perintah tertentu, supaya membacanya tidak terlalu banyak. makasih

  2. ada beberapa cara dalam setiap perintah, dan itu dipaparkan artikel di atas. bagaimana jika pemaparannya hanya satu perintah saja,,supaya mudah paham tidak terlalu banyak yang di baca. makasih n mhn maaf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme