Mengenal Microsoft Word 2007

Mengenal Microsoft Word 2007 - Versi baru hasil pengembangan Microsoft Office adalah Microsoft Word 2007 (Ms. Word 2007). Terdapat beberapa hal baru pada Microsoft Word 2007 ini dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, seperti adanya fasilitas task pane, office clipboard, dan masih banyak fasilitas lainnya, yang mana tujuan dan penambahan fasilitas itu semua untuk mempermudah penggunaan Microsoft Word 2007. Selain untuk pengolah kata, Ms. Word 2007 dapat juga digunakan untuk desktop publishing. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Microsoft Word 2007 dibanding versi sebelumnya.

1) Dokumen tampak lebih profesional sebab tampilan Microsoft Word 2007 menyediakan berbagai fasilitas selengkap mungkin untuk pengeditan dan disertai penampilan tool-tool pengatur dokumen yang lebih mudah dijangkau dibandingkan versi sebelumnya.

2) Waktu untuk mengetik menjadi lebih banyak dibandingkan waktu untuk memformat tulisan.

3) Pada versi Microsoft Word 2007, interface yang lebih berorientasi pada hasil memungkinkan tool-tool pengatur dokumen mudah dijangkau sehingga waktu untuk memformat otomatis lebih singkat dan pekerjaan mengetik menjadi makin efisien. Di samping itu, kecepatan mengetik jadi lebih tinggi karena adanya fasilitas styles, table formats, list formats, graphical effect, dan berbagai fasilitas pendukung kemudahan kerja lainnya.

4) Tampilan Microsoft Word 2007 lebih informatif dibandingkan versi sebelumnya, sehingga para user pemula yang awam sekalipun dapat lebih cepat mempelajari pengolahan kata dengan Microsoft Word 2007. Sebagai contoh, munculnya secara cepat informasi singkat dan padat pada saat kursor mouse ditempatkan pada setiap panel atau tombol. Posisi kursor yang sedang aktif pada area kerja diikuti juga dengan keterangan menu, dimana keterangan menu ini akan berubah seiring perpindahan kursor.

1. Memulai Ms. Word 2007

Sebelum lebih jauh mengenal lingkungan kerja yang terdapat dalam Microsoft Word 2007, Anda harus menginstal dahulu program Microsoft Word 2007 ke dalam komputer Anda. Setelah yakin bahwa komputer Anda terdapat program Microsoft Word 2007, Anda siap untuk memulai dan menjalankan Microsoft Word 2007.

2. Mengenal Lingkungan Kerja Ms. Word 2007

Saat Anda memulai Microsoft Word 2007, maka jendela program Word akan terbuka. Jendela ini umumnya berisi menu, tool, dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu. Lingkungan kerja Microsoft Word 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Word versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tam-pilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar. Perhatikan tampilan lingkungan kerja Ms.Word 2007 berikut ini.

Lembar kerja Microsoft Word 2007

Gambar 5.2. Lembar kerja Microsoft Word 2007

Tampilan Microsoft Word 2007 memiliki lingkungan kerja yang terdiri dari tab-tab yang berisi kumpulan toolbar. Secara keseluruhan terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft Word 2007. Ketujuh tab tersebut terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft Word 2007 perlu diketahui agar dicapai penggunaan Microsoft Word 2007 secara maksimal. Pada tulisan berikutnya akan dibahas tampilan dan masing-masing tab dalam keadaan aktif beserta kelengkapan tombol perintah pengoperasian Microsoft Word 2007.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014