Mengoperasikan PowerPoint 2007

MengoperasikanPowerPoint 2007- Sebelum membuat bahan presentasi, sebaiknya Anda mengetahui pengoperasian dasar PowerPoint 2007. Berikut adalah beberapa pengoperasian dasar padaPowerPoint 2007.

1. Mengatur Konfigurasi Status Bar PowerPoint 2007

Statusbar akan menampilkan berbagai informasi yang dirasakan perlu ketika Anda sedang bekerja dengan jendela kerja PowerPoint 2007. Anda dapat mengatur konfigurasi Status Bar ini agar sesuai dengan kebutuhan, dengan cara mengklik tombol kanan mouse pada area Status bar yang ada di bawah jendela kerja PowerPoint 2007. Dengan langkah ini, kotak dialog pemilihan isi Status Bar akan ditampilkan.

Kotak dialog Status Bar

Gambar 4.13 Kotak dialog Status Bar PowerPoint 2007

Jika Anda pilih Customize Quick Access Toolbar, akan muncul tampilan berikut.

PowerPoint Option Customize Quick Access Toolbar

Gambar 4.13 Tampilan PowerPoint Option akan muncul jika Anda meng-klik Customize Quick Access Toolbar PowerPoint 2007

Show Quick Access Toolbar below the Ribbon

Gambar 4.14 Jika kita pilih Show Quick Access Toolbar below the Ribbon maka akan muncul tampilan seperti pada Gambar 4.14.

2. Menyiapkan Presentasi Baru yang Masih Kosong PowerPoint 2007

Pada saat Anda membuka atau menjalankan program aplikasi PowerPoint 2007, secara otomatis sebuah slide presentasi baru yang masih kosong akan ditampilkan. Akan tetapi, jika Anda sedang bekerja dengan PowerPoint 2007 dan Anda bermaksud untuk menyiapkan presentasi baru yang masih kosong, ikuti langkah berikut ini. Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombolnya. Kotak dialog New Presentation akan ditampilkan. Oleh karena Anda bermaksud untuk menyiapkan presentasi baru yang masih kosong, pada area New Blank pilih dan klik Blank Presentation. Kemudian, klik tombol perintah atau klik dua kali pada Blank Presentation.

Blank Presentation

Gambar 4.15 Tampilan awal (Blank Presentation) PowerPoint 2007 untuk persiapan membuat presentasi baru

3. Menyiapkan Presentasi Baru dengan Memanfaatkan Templates PowerPoint 2007

Pada saat Anda membuat presentasi baru, Anda dapat juga memanfaatkan design template yang disediakan oleh PowerPoint 2007. Untuk itu, ikuti langkah berikut ini.

(1) Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombol New. Kotak dialog New Presentation akan ditampilkan.

Ikon New slide presentasi

Gambar 4.16 Ikon New PowerPoint 2007 dipilih untuk membuat slide presentasi yang baru.

(2) Pada Template Categories, klik kotak dialog New Presentation dengan pemilihan Installed Templates akan ditampilkan. Pilih dan klik template yang Anda inginkan.

Template powerpoint 2007

Gambar 4.17 Beberapa pilihan Template PowerPoint 2007 yang sudah tersedia.

(3) Kemudian, klik tombol perintah atau klik dua kali pada Template yang Anda inginkan. Selanjutnya, lakukan pemilihan slide design dan penyuntingan isi slide presentasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

slide design

4. Menyiapkan Presentasi Baru dengan Memanfaatkan Themes PowerPoint 2007

Pada saat Anda membuat presentasi baru, Anda dapat juga memanfaatkan design Themes yang disediakan oleh PowerPoint 2007. Untuk itu, ikuti langkah berikut ini.

(1) Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombolnya. Kotak dialog New Presentation akan ditampilkan.

(2) Pada Templates Categories, klik kotak dialog New Presentation dengan pemilihan Installed Themes akan ditampilkan. Pilih dan klik template yang Anda inginkan.

template dari Themes

Gambar 4.18 Memilih template dari Themes PowerPoint 2007

(3) Kemudian, klik tombol perintah atau klik dua kali pada Template yang Anda inginkan. Selanjutnya, lakukan pemilihan slide design dan penyuntingan isi slide presentasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihan template dari Themes

Gambar 4.19 Pilihan template dari Themes PowerPoint 2007 akan tampil di jendela kerja PowerPoint dan siap untuk membuat bahan presentasi

5. Menyimpan Presentasi PowerPoint 2007

Presentasi yang sudah Anda rancang dengan seluruh slidenya dapat Anda simpan ke hard disk, usb flash disk, disket, atau media penyimpanan lainnya menggunakan langkah berikut.

(1) Klik Microsoft Office Button.

Button Save

Gambar 4.20 Button Save untuk menyimpan data

(2) Kemudian, klik tombol atau tekan tombol Ctrl+S. Kotak dialog Save As akan ditampilkan. Pada tombol daftar pilihan Save in, pilih drive dan folder tempat Anda akan menyimpan file.

(3) Pada kotak isian File name, ketikkan nama file yang Anda inginkan. Klik tombol perintah Save. Berikut gambar kotak dialog Save As Powerpoint 2007

kotak dialog Save as

Gambar 4.21 Nama file dibuat untuk menunjukkan identitas file presentasi yang telah Anda buat.

6. Menutup Presentasi PowerPoint 2007

Apabila presentasi telah selesai dan tidak akan Anda sunting (edit) lagi, Anda dapat menutupnya menggunakan Microsoft Office Button, kemudian klik tombolnya atau tekan tombol Ctrl+W.

Button Close powerpoint 2007

Gambar 4.22 Button Close PowerPoint 2007 untuk menutup presentasi

7. Membuka File Presentasi PowerPoint 2007

Untuk membuka kembali file presentasi yang ada, ikuti langkah berikut ini.

(1) Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombol atau tekan tombol Ctrl+O. Kotak dialog Open akan ditampilkan. Pada tombol daftar pilihan Look in, pilih dan klik drive dan folder tempat file tersimpan. Pada kotak isian File name, ketikkan nama file presentasi yang Anda inginkan.

Button Open powerpoint 2007

Gambar 4.23 Button Open untuk membuka file presentasi

(2) Klik tombol perintah Open atau klik dua kali pada nama file tersebut. Perhatikan gambar kotak dialog open berikut ini.

kotak dialog open powerpoint 2007

Gambar 4.24 Memilih nama file presentasi yang akan dibuka.

8. Mengakhiri PowerPoint 2007

Setelah Anda selesai bekerja dengan PowerPoint 2007, Anda dapat mengakhirinya menggunakan langkah berikut. Simpan presentasi yang sudah Anda buat. Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombol atau klik tombol Exit PowerPoint.

tombol Exit PowerPoint

Gambar 4.25 Mengakhiri PowerPoint 2007

Artikel Terkait

Updated: 4 November 2014 — 19:10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014