Contoh RPP Biologi Berkarakter Keanekaragaman Hayati

Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Tahun Ajaran

Standar Kompetensi

3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati.

Kompetensi Dasar

3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan

3.2. Mengomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam.

Indikator

  1. Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
  2. Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
  3. Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
  4. Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
  5. Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
  6. Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
  7. Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.

Alokasi Waktu

… x 1 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:

  1. Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem melalui kegiatan pengamatan.
  2. Mengomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam.

• Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

No.

Nilai Sikap

Definisi

Keterkaitan Nilai

1

Peduli Lingkungan

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

• Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan.

2

Mandiri

Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

• Mencari sumber di perpustakaan untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan pustakawan.

• Menerjemahkan sendiri kalimat bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya.

3

Toleransi

Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

• Memberi kesempatan kepada teman untuk berbeda pendapat.

• Bersahabat dengan teman lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis.

• Mau menerima pendapat yang berbeda budayanya.

4

Kerja Keras

Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi b e r b a g a i hamba t a n b e l a j a r, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

• Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.

• Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas di kelas dan luar kelas.

• Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber

B. Materi Pembelajaran

  1. Mengenal Keanekaragaman Hayati
  2. Keanekaragaman Hayati di Indonesia

C. Metode Pembelajaran

  1. Metode Diskusi
  2. Metode Ceramah
  3. Metode Eksperimen
  4. Metode Penugasan

 

Strategi Pembelajaran 

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

Mengamati gejala keanekaragaman

Mengamati keanekaragaman spesies hewan dan tumbuhan

Siswa dapat Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati

Mencatat ciri-ciri hasil pengamatan

Diskusi mendeskripsikan pengertian keanekaragaman hayati

Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati

Menyimpulkan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan

Diskusi mendeskripsikan keanekaragaman pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem

Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan

Membaca peta tipe keanekaragaman flora Indonesia

Diskusi pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia

Siswa dapat Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna  Indonesia

Membaca peta tipe keanekaragaman fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber

Diskusi tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia

Siswa dapat Mendeskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia

Mendeskripsikan ciri-ciri bioma yang ada di Indonesia

Diskusi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia

Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia

Mengumpulkan informasi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia

Mengumpulkan informasi tentang tanaman yang berkhasiat obat dan mengoleksi tanamannya

Siswa dapat Memberikan alasan arti penting keanekaragaman hayati perlu dilstarikan

Mengumpulkan informasi berbagai jenis flora dan fauna Indonesia yang terancam kepunahan dan dilindungi

Tugas membuat kliping tentang organisme khas daerah

Siswa dapat Membedakan pelestarian in-situ dan e-ksitu


D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

I. Pendahuluan

• Apersepsi

Apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati? Terdiri atas apa sajakah keanekaragaman hayati itu? Bagaimanakah mempertahankan keberadaan keanekaragaman hayati? Apakah manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan?

• Motivasi

Pernahkah Anda pergi ke kebun binatang atau Kebun Raya Bogor? Pernahkah Anda memperhatikan keanekaragaman hewan atau tumbuhan di sana? Anda akan melihat makhluk hidup dalam lingkungan tersebut memiliki bentuk tubuh, habitat serta makanan yang berbeda.

II. Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

  1. Masih ingatkah Anda jenis-jenis jamur pada bab sebelumnya? Sebutkan oleh Anda.
  2. Beranekaragamnya jenis jamur menunjukkan adanya keanekaragaman hayati. Menurut Anda, apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati?

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

  • Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
  • Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

H. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Buku paket Biologi X SMA.
  2. Buku Biologi Xb SMA/MA terbitan BSE
  3. Buku-buku referensi yang relevan.
  4. Alat-alat praktikum.

I. Penilaian

No.

Jenis

Bentuk

Instrumen/Aktivitas

1

Penugasan

Kegiatan kelompok

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan mandiri

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan eksplorasi

Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.

2

Pelatihan

Uji Kompetensi

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.

Ulangan Harian

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya

Tindak Lanjut

Perbaikan; Pengayaan

Guru Mata Pelajaran

Artikel Terkait

Updated: 8 April 2012 — 21:18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme