Contoh Aplikasi Hukum Newton tentang Gerak

Contoh Aplikasi Hukum Newton tentang Gerak. Sir Isaac Newton (1642-1727) mungkin paling dikenal karena kisah “menemukan gravitasi” ketika sebuah apel jatuh di kepalanya. Dia juga menguraikan tiga hukum gerak untuk yang diperlukan untuk studi fisika mekanik bahkan sampai hari ini.

Hukum Gerak

Hukum pertama menyatakan sebuah objek bergerak cenderung tetap bergerak kecuali ditindaklanjuti oleh kekuatan eksternal. Hukum kedua menyatakan kekuatan suatu benda pada objek lain ditentukan oleh massa kali percepatan. Hukum ketiga gerak mengatakan untuk setiap tindakan ada reaksi yang sama dan berlawanan.

hukum ke-Satu

Hukum pertama gerak mengatakan obyek bergerak akan tetap bergerak sampai sesuatu menghentikannya. Sangat penting untuk memahami bahwa energi tidak dapat diciptakan maupun dihancurkan. Ketika sesuatu kehilangan energi, energi tidak hilang, melainkan hanya dialihkan ke obyek lain atau kondisi lain.

Sebagai contoh, pemukul memukul bola ke tengah lapangan dan pusat fielder menangkap itu. Bisbol tersebut diberikan energi oleh pemukul dengan bersentuhan dengan bola. Ini akan terus bergerak sampai sesuatu menghentikannya, dalam hal ini pusat fielder. Energi bola ini kemudian ditransfer ke sarung tangan.

hukum ke-Dua

Hukum kedua gerak menjelaskan bagaimana kekuatan dari satu objek pada objek lain dapat ditemukan dengan mengalikan massa (dalam satuan kilogram) dengan percepatan (dalam meter per detik). Gaya diukur dalam newton.

Kembali ke contoh bisbol, ketika pemukul membuat kontak dengan bola, pemukul mengerahkan kekuatan pada bola. Untuk menentukan jumlah gaya yang, kita kalikan massa pemukul, dengan kecepatan pemukul karena memukul bola. Berat pemukul adalah 0,822 kg. Ketika pemukul memukul bola, pemukul melakukan perjalanan sekitar 20 meter per detik kuadrat. Jadi, dengan mengalikan 0,822 kg dengan 20 meter per detik kuadrat, kita dapat menentukan bahwa pemukul mengerahkan gaya 1,6440 newton (N) pada bisbol. Itu, bersama dengan faktor lain seperti berat bola dan ukuran, membantu menentukan seberapa jauh bisbol akan pergi.

hukum ke-Tiga

Hukum ketiga gerak mengatakan bahwa untuk setiap aksi ada reaksi yang sama dan berlawanan. Sebagai contoh, pada saat kelelawar datang dalam sentuhan dengan bola, energi dalam kelelawar ditransfer ke bola. Bola memperoleh energi, sementara pemukul kehilangan energi.

aplikasi

Hukum-hukum ini dimasukkan ke penggunaan setiap hari. Seorang ilmuwan forensik akan menggunakan hukum gerak untuk mengumpulkan bukti pada lokasi kecelakaan. Seorang ilmuwan roket menggunakan hukum ini untuk mencari tahu berapa banyak dorong yang diperlukan untuk mengirim pesawat ruang angkasa ke orbit. Anda bahkan mungkin tidak menyadarinya, tetapi Anda menggunakan hukum sampai batas tertentu ketika Anda membuka stoples selai kacang.

Penerapan Hukum Newton tentang Gerak

Artikel Terkait

Updated: 4 November 2014 — 18:19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme