Pengertian Anabolisme dan Katabolisme

Pengertian Anabolisme dan Katabolisme. Tubuh kita mendapatkan energi yang mereka butuhkan dari makanan melalui metabolisme, reaksi kimia dalam sel-sel tubuh yang mengkonversi bahan bakar dari makanan menjadi energi yang dibutuhkan untuk melakukan segalanya dari mulai berpikir samapi untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Metabolisme adalah kata yang besar untuk menjelaskan ide sederhana. Kita semua membutuhkan energi untuk bertahan hidup. Apakah kita tanaman, hewan, atau bakteri, kita semua membutuhkan energi. Energi tidak hanya mengapung di sekitar dalam bentuk yang bisa kita gunakan untuk bertahan hidup. Kita perlu makan (terutama gula) dan mencerna makanan. Bahwa proses pencernaan dan reaksi kimia yang terkait disebut metabolisme. Metabolisme adalah total untuk semua reaksi kimia organisme untuk bertahan hidup.

Protein tertentu dalam tubuh mengontrol reaksi kimia metabolisme, dan setiap reaksi kimia dikoordinasikan dengan fungsi tubuh lainnya. Bahkan, ribuan reaksi metabolisme terjadi pada waktu yang sama – semua diatur oleh tubuh – untuk menjaga sel-sel kita sehat dan bekerja.

Pengertian Anabolisme dan Katabolisme

Pengertian Anabolisme dan Katabolisme

Metabolisme adalah proses konstan yang dimulai ketika kita dikandung dan berakhir ketika kita mati. Ini adalah proses yang penting bagi semua bentuk kehidupan – bukan hanya manusia. Jika metabolisme berhenti, suatu makhluk hidup mati.

Berikut adalah contoh bagaimana proses metabolisme bekerja pada manusia – dan itu dimulai dengan tanaman. Pertama, tanaman hijau membutuhkan energi dari sinar matahari. Tanaman menggunakan energi ini dan molekul klorofil (yang memberikan mereka warna hijau tanaman) untuk membangun gula dari air dan karbon dioksida dalam proses yang dikenal sebagai fotosintesis.

Ketika orang-orang dan hewan memakan tanaman (atau, jika mereka karnivora, ketika mereka makan hewan yang makan tanaman), mereka mengambil energi ini (dalam bentuk gula), bersama dengan bahan kimia bangunan-sel vital lainnya.

Langkah berikutnya adalah tubuh untuk memecah gula ke bawah sehingga energi yang dilepaskan dapat didistribusikan ke, dan digunakan sebagai bahan bakar, sel-sel tubuh.

Enzim

Setelah makanan yang dimakan, molekul dalam sistem pencernaan yang disebut enzim memecah protein menjadi asam amino, lemak menjadi asam lemak, dan karbohidrat menjadi gula sederhana (misalnya, glukosa). Selain gula, baik asam amino dan asam lemak dapat digunakan sebagai sumber energi oleh tubuh bila diperlukan. Senyawa ini diserap ke dalam darah, yang mengangkut mereka ke sel.
Setelah mereka masuk ke dalam sel, enzim lain bertindak untuk mempercepat atau mengatur reaksi kimia yang terlibat dengan “metabolisme” senyawa ini. Selama proses ini, energi dari senyawa ini dapat dilepaskan untuk digunakan oleh tubuh atau disimpan dalam jaringan tubuh, terutama hati, otot, dan lemak tubuh.

Dengan cara ini, proses metabolisme benar-benar merupakan tindakan penyeimbangan yang melibatkan dua jenis kegiatan yang berlangsung pada waktu yang sama – dibangunnya jaringan tubuh dan menyimpan energi dan mogok untuk jaringan tubuh dan menyimpan energi untuk menghasilkan lebih banyak bahan bakar untuk fungsi tubuh. Metabolisme sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu anabolisme dan katabolisme.

Anabolisme, atau metabolisme konstruktif, adalah semua tentang membangun dan menyimpan: Mendukung pertumbuhan sel-sel baru, pemeliharaan jaringan tubuh, dan penyimpanan energi untuk digunakan di masa depan. Selama anabolisme, molekul kecil yang berubah menjadi lebih besar, molekul yang lebih kompleks karbohidrat, protein, dan lemak.

Katabolisme, atau metabolisme destruktif, adalah proses yang menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk semua aktivitas dalam sel. Dalam proses ini, sel-sel memecah molekul besar (terutama karbohidrat dan lemak) untuk melepaskan energi. Ini pelepasan energi menyediakan bahan bakar untuk anabolisme, memanaskan tubuh, dan memungkinkan otot untuk berkontraksi dan tubuh untuk bergerak. Sebagai unit kimia yang kompleks dipecah menjadi zat yang lebih sederhana, produk-produk limbah dilepaskan dalam proses katabolisme dikeluarkan dari tubuh melalui kulit, ginjal, paru-paru, dan usus.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme