Pengertian Contoh Polimer

Pengertian Contoh Polimer. Polimer Istilah umum digunakan saat ini dalam industri plastik dan komposit, dan sering digunakan untuk menyiratkan makna “plastik” atau “resin”. Pada kenyataannya, polimer istilah bermakna lebih. Polimer adalah senyawa kimia di mana molekul terikat bersama-sama dalam rantai pengulangan panjang. Bahan-bahan polimer ini, memiliki sifat yang unik dan dapat disesuaikan tergantung pada tujuan mereka.

Pengertian Contoh Polimer

Pengertian Contoh Polimer

Polimer bisa dibuat oleh manusia atau terbentuk secara alami. Misalnya, karet merupakan bahan polimer alami yang sangat berguna dan telah digunakan oleh manusia selama ribuan tahun. Karet memiliki sifat elastis yang sangat baik, dan ini adalah hasil dari rantai polimer molekul yang dibuat oleh alam. Bagaimanapun Polimer buatan manusia dan alam dapat menunjukkan sifat elastis, polimer dapat menunjukkan berbagai sifat tambahan yang berguna. Tergantung pada penggunaan yang diinginkan, polimer dapat disetel halus untuk memanfaatkan properti menguntungkan. Properti ini meliputi:

  • reflektif
  • tahan benturan
  • sulit
  • rapuh
  • tembus cahaya
  • lunak
  • lembut
  • elastis
  • kaku
  • isolator

Polimerisasi

Polimerisasi adalah metode menciptakan polimer sintetik dengan menggabungkan banyak molekul monomer kecil ke rantai yang diselenggarakan bersama oleh ikatan kovalen. Ada dua bentuk utama polimerisasi, langkah polimerisasi pertumbuhan dan pertumbuhan rantai polimerisasi. Perbedaan utama antara kedua jenis polimerisasi adalah bahwa dalam pertumbuhan rantai polimerisasi, molekul monomer ditambahkan ke rantai satu per satu. Dalam kasus langkah polimerisasi pertumbuhan, molekul monomer dapat mengikat langsung dengan satu sama lain.

Kalau orang melihat suatu rantai polimer close up, mereka akan melihat bahwa struktur visual dan sifat fisik dari rantai molekul akan meniru sifat fisik polimer. Sebagai contoh, jika rantai polimer terdiri dari ikatan erat memutar antara monomer dan sulit untuk dipecahkan. Kemungkinannya adalah polimer ini akan kuat dan tangguh. Atau, jika suatu rantai polimer pada tingkat molekuler menunjukkan karakteristik elastis, kemungkinan polimer ini akan memiliki sifat fleksibel juga.

Ikatan Silang Polimer (Cross Linked Polymers)

Kebanyakan polimer, sering disebut sebagai plastik atau termoplastik, tidak mempunyai ikatan silang polimer. Artinya, ikatan antara molekul dan rantai polimer dapat rusak dan kembali terpasang. Jika Anda berpikir tentang plastik yang paling umum, mereka bisa ditekuk ke dalam berbagai bentuk dengan panas. Mereka juga dapat didaur ulang. Botol soda plastik dicairkan dan dapat digunakan kembali untuk membuat segalanya dari karpet untuk jaket bulu, atau dibuat menjadi botol air yang baru. Ini semua dilakukan hanya dengan penambahan panas.

Di sisi lain ikatan polimer silang tidak dapat dikembali setelah terkait ikatan silang antara molekul rusak. Ikatan polimer silang sering menunjukkan sifat yang diinginkan seperti kekuatan tinggi, kekakuan, sifat termal dan kekerasan.

Dalam FRP (Fiber Reinforced Polymer) produk komposit, polimer terikat silang yang paling sering digunakan, dan mereka disebut sebagai resin, atau resin termoset. Polimer yang paling umum digunakan dalam komposit poliester, vinil ester, dan epoxy. Namun, mungkin atribut negatif terbesar untuk resin termoset adalah ketidakmampuan polimer yang akan direformasi, dibentuk kembali, atau didaur ulang.

Contoh Dari Polimer

Berikut adalah daftar dari polimer yang umum digunakan saat ini, julukan mereka, dan sering digunakan:

Polypropylene (PP) – Karpet, jok
Polietilena densitas rendah (LDPE) – tas Grocery
Polietilen kerapatan tinggi (HDPE) – botol Deterjen, mainan
Poli (vinil klorida) (PVC) – Pipa, decking
Polystyrene (PS) – Mainan, busa
Politetrafluoroetilen (PTFE, Teflon) – panci non-stick, isolasi listrik
Poli (metil metakrilat) (PMMA, Lucite, Plexiglas) – Wajah perisai, skylight
Poli (vinil asetat) (PVAc) – Cat, perekat
Polikloropren (cis trans +) (Neoprene) – Pakaian selam

Artikel Terkait

Updated: 4 November 2014 — 18:31

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme