Pengertian Dermatitis

Pengertian sederhana dari dermatitis adalah peradangan kulit. Banyak orang berpikir dermatitis sebagai sinonim dengan eksim tapi ini sebenarnya tidak benar. Hampir ruam apapun dapat dianggap sebagai dermatitis berdasarkan definisi ini – termasuk psoriasis, kanker kulit, dan seborrhea. Namun, kita tidak menyebut setiap ruam adalah dermatitis.

Tampilan Dermatitis

Pengertian Dermatitis

Pengertian Dermatitis

Ruam dermatitis gatal, merah, dan mungkin atau mungkin tidak memiliki margin yang berbeda. Tampilan spesifik ruam tergantung pada jumlah waktu yang telah hadir. Dermatitis akut memiliki lecet, dermatitis subakut Pengerasan kulit, dan dermatitis kronis memiliki lichenification.
Jenis Dermatitis

Ada beberapa tipe yang berbeda dari dermatitis yang digambarkan oleh agen penyebab atau mekanisme selular yang bertanggung jawab untuk ruam. Contoh jenis tertentu dermatitis adalah:

  • Dermatitis kontak alergi – Reaksi hipersensitivitas yang melibatkan alergen dan antibodi.
  • Dermatitis kontak iritan – Paparan terhadap iritasi bahan kimia atau deterjen.
  • Dermatitis atopik – Reaksi alergi-jenis yang disertai dengan demam, asma, dan kulit sangat kering.
  • Dermatitis stasis – Terjadi pada pergelangan kaki dan kaki bagian bawah orang dengan insufisiensi vena.
  • Popok dermatitis – Suatu jenis dermatitis iritan disebabkan oleh paparan panjang kulit dengan popok basah.
  • Dermatitis dyshidrotic (pompholyx) – Suatu jenis dermatitis pada tangan atau kaki yang ditandai dengan kemerahan, scaling, dan lecet yang mendalam.
  • Dermatitis nummular – patch berbentuk koin yang terjadi di mana saja pada tubuh dalam kaitannya dengan kulit kering.
  • Dermatitis seboroik (cradle cap) – Kuning, sisik berminyak seperti ketombe di daerah kulit kepala dan rambut-bantalan kepala, leher, dan dada bagian atas.
  • Autosensitization dermatitis (reaksi Id) – Sebuah ruam gatal yang terjadi sebagai respon terhadap inflamasi proses intens di tempat lain pada tubuh, terutama infeksi jamur.
  • Lichen simpleks kronikus – Ruam disebabkan oleh jangka panjang goresan daerah penghasil kulit menebal.

Bagaimana Dermatitis Terjadi?

Dermatitis mungkin merupakan reaksi singkat untuk substansi. Dalam kasus seperti itu dapat menghasilkan gejala-gejala, seperti gatal dan kemerahan, hanya beberapa jam atau hanya satu atau dua hari. Dermatitis kronis bertahan selama jangka waktu tertentu. Tangan dan kaki sangat rentan terhadap dermatitis kronis, karena tangan sering kontak dengan zat-zat asing dan kaki berada di bagian bawah yang kondisinya hangat lembab sehingga penggunaan kaus kaki dan sepatu dapat mendukung pertumbuhan jamur.

Dermatitis kronis dapat mewakili salah satu kontak, jamur, atau penyakit kulit lainnya yang tidak cukup di diagnosis atau diobati, atau mungkin salah satu dari beberapa kelainan kulit kronis yang tidak diketahui asalnya. Karena dermatitis kronis menghasilkan retak dan lecet di kulit, semua jenis dermatitis kronis dapat menyebabkan infeksi bakteri. Terdapat berbagai jenis penyakit dermatitis, namun dermatitis kontak dan dermatitis atopik merupakan jenis yang paling sering ditemukan.

Artikel Terkait

Updated: 4 November 2014 — 18:33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme