Pengertian Eukariotik

Pengertian Eukariotik. Eukariota adalah organisme yang terdiri dari sel-sel yang memiliki inti yang terikat membran (yang memegang materi genetik) serta organel terikat membran. Materi genetik pada eukariota terkandung dalam inti dalam sel dan DNA ini disusun dalam kromosom. Organisme eukariotik mungkin organisme multiseluler atau bersel tunggal. Semua hewan adalah eukariota. Eukariota lainnya termasuk tumbuhan, jamur, dan protista.

Pengertian Eukariotik

Pengertian Eukariotik

Eukariotik adalah Salah satu dari domain (Eukarya) atau kelompok taksonomi yang lebih tinggi (Eukaryota) di atas Kingdom yang meliputi organisme terdiri dari satu atau lebih sel yang mengandung terlihat jelas inti dan organel.

Definisi Eukariota

Eukariota adalah Organisme dengan sel yang mengandung inti dikelilingi oleh membran dan DNA yang diikat oleh protein (histon) ke dalam kromosom. Sel-sel eukariota juga mengandung retikulum endoplasma dan berbagai organel khusus yang tidak hadir dalam prokariota, terutama mitokondria, badan Golgi, lisosom dan. Organel tertutup di membran tiga bagian (disebut membran Unit) yang terdiri dari lapisan lipid terjepit di antara dua lapisan protein. Semua organisme kecuali bakteri dan archaea adalah eukariota.

Eukariota pertama

Cyanobacteria dan archaebacteria dari bumi primitif yang sekarang disebut sebagai prokariota (bersama-sama dengan bakteri modern). Sekitar 1,5 miliar tahun lalu, dalam atmosfir yang mengandung oksigen, eukariota pertama muncul menjadi ada. Eukariota memiliki nukleus, membran nuklir, sejumlah organel, struktur ribosom berbeda dari prokariota, reproduksi dengan mitosis, dan ciri lain yang membedakan mereka dari prokariota.

Tidak ada yang pasti bagaimana eukariota muncul menjadi ada. Teori endosimbiotik menunjukkan bahwa bakteri yang ditelan oleh sel-sel yang lebih besar. Sel-sel bakteri tetap dalam sel, diasumsikan beberapa reaksi kimia untuk sel-sel, dan menjadi mitokondria sel-sel ini. Sel-sel kemudian diperbanyak dan berkembang. Sel-sel menjadi sel-sel hewan.

Perluasan dari teori endosimbiotik mengacu pada tanaman. Dalam kasus ini, bakteri berpigmen, seperti cyanobacteria, yang ditelan oleh sel-sel yang lebih besar. Cyanobacteria tetap dalam sel dan menjadi kloroplas sel-sel ini. Fotosintesis terjadi di kloroplas sel tumbuhan modern.

Inilah Perbedaan sel Prokariotik dan sel eukariotik

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti. Definisi yang lebih jelasnya, sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki sistem endomembran sehingga sel tipe ini memiliki materi inti yang tidak dibatasi oleh sistem membran, tidak memiliki organel yang dibatasi oleh sistem membran.

Contoh organisme yang memiliki Sel prokariotik adalah pada bakteri dan ganggang biru.

Sedangkan sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti. Definisi yang lebih lengkapnya, sel eukriotik merupakan tipe sel yang memiliki sistem endomembran. Pada sel eukariotik, inti tampak jelas karena dibatasi oleh sistem membran. Pada sel ini, sitoplasma memiliki berbagai jenis organel seperti antara lain: badan Golgi, retikulum endoplasma (RE), kloroplas (kuhusus pada tumbuhan), mitokondria, badan mikro, dan lisosom.

Contoh organisme yang memiliki Sel eukariotik adalah sel tumbuhan dan sel hewan

Artikel Terkait

Updated: 4 November 2014 — 18:13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme