Pengertian Kultur Jaringan Tanaman Biologi

Pengertian Kultur Jaringan Biologi. Sebuah kultur jaringan adalah pertumbuhan sel atau jaringan terpisah dari organisme asli, biasanya dalam cairan. Meskipun mungkin tampak seperti sebuah proses ilmiah misterius, dapat digunakan dalam aplikasi kebun rumah. Sedangkan Kultur jaringan tanaman adalah proses sel tanaman yang tumbuh pada media pembuatan dari pohon induk.

Kultur Jaringan

Fitur

Kultur jaringan dapat bermanfaat karena mereka benar-benar menyalin organisme berkualitas tinggi seperti tanaman yang sehat dan bunga, mereka memungkinkan untuk modifikasi genetik dan mereka dapat menghindari penyakit.

Fungsi

Membuat kultur jaringan melibatkan pengambilan benih atau embrio dan menempatkannya dalam medium steril yang memungkinkan untuk berkembang biak.

Pertimbangan

Ada puluhan media pertumbuhan steril untuk digunakan ketika membuat kultur jaringan, Anda harus membuat keputusan berdasarkan biaya, kebutuhan spesifik dan jenis organisme dasar Anda bekerja.

Pilihan

Jika Anda ingin membuat kultur jaringan dari tanaman favorit, Anda memiliki pilihan outsourcing bagian dari itu ke laboratorium atau membeli kit budidaya rumah jaringan.

Sejarah

Pertama kultur jaringan berhasil diciptakan pada tahun 1907 oleh ahli zoologi Ross G. Harrison, yang dikalikan sel-sel saraf katak.

Tujuan

Tujuan tanaman kultur jaringan, menurut Akses Excellence, termasuk perbanyakan tanaman, akar tumbuh, mengalikan embrio untuk menciptakan benih dan tumbuh jaringan kalus, jaringan tanaman yang terdiferensiasi digunakan di alam untuk menutupi luka dan menyembuhkan kerusakan.

Pentingnya Tanaman Sumber

Sumber tanaman – tanaman jaringan awalnya haru berasal dari tanaman sehat dan bebas dari penyakit dan pembusukan. Hal ini juga harus berada dalam fase pertumbuhan aktif dan tidak mendekati dormansi. Jaringan terbaik datang dari bagian muda tanaman, karena mereka telah lebih aktif membagi sel-sel dari jaringan yang lebih tua.

Kultur jaringan di rumah

Tukang kebun dapat melakukan tanaman dasar kultur jaringan di rumah, persediaan biasanya tersedia di pusat-pusat berkebun. Proses ini terdiri dari memotong sepotong tanaman – seperti simpul – dan menempatkannya dalam media steril dengan nutrisi. Pemilihan media tergantung pada jenis jaringan, tukang kebun harus berupaya untuk menyebarkan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014