Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan- Pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang dimulai dari kecil hingga menjadi dewasa. Sepintas jika dilihat antara proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tanaman adalah sama, tetapi sebenarnya mempunyai perbedaan. Tahukan Anda, di mana letak perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan itu?

perumbuhan perkembangan

Contoh perbedaan ketinggian pada tanaman

Pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang dimulai dari kecil hingga menjadi dewasa. Sepintas jika dilihat antara proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tanaman adalah sama, tetapi sebenarnya mempunyai perbedaan. Tahukan Anda, di mana letak perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan itu?

Pertumbuhan pada tanaman merupakan proses bertambahnya ukuran dari kecil hingga sampai dewasa yang sifatnya kuantitatif, artinya dapat kita ukur yang dapat dinyatakan dengan suatu bilangan, misalnya pada seperti Gambar di atas yaitu tanaman cabai umur 1 minggu tingginya 5 cm, setelah tumbuh berumur 2 minggu tingginya menjadi 10 cm, setelah mencapai umur 3 minggu tingginya menjadi 15 cm, dan seterusnya. Selain tumbuh, tanaman cabai juga mengalami perkembangan yang ditandai dengan tanaman menjadi dewasa yaitu dapat menghasilkan biji kembali.

Adapun perkembangan merupakan suatu proses untuk menuju/mencapai kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif, artinya tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan, misalnya sudah seberapa dewasakah suatu makhluk hidup itu? Hal tersebut tidak bisa diukur atau dinyatakan dengan suatu bilangan.

Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya ditandai dengan bertambahnya ukuran atau volume pada tubuhnya dan terbentuknya spora. Pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan bersel banyak seperti tumbuhan berbiji, misalnya tanaman cabai selain bertambah ukurannya juga ditandai dengan terbentuknya bunga yang mempunyai alat kelamin betina atau putik (pistillum) dan alat kelamin jantan atau benang sari (stamen).

Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa pertumbuhan adalah suatu proses pertumbuhan ukuran dan volume serta jumlah sel secara irreversibel, yaitu tidak dapat kembali ke bentuk semula. Adapun perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan, dan proses ini bersifat kualitatif yang berarti tidak dapat dinyatakan dalam suatu bilangan seperti pada contoh di depan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme