Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria

Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria. Bakteri mungkin telah ada sejak zaman dulu dan bisa mendukung kehidupan bumi. Karena kebanyakan dari kita sadar, bakteri adalah organisme mikro uniseluler memiliki struktur selular prokariotik. Mungkin tidak ada tempat di bumi di mana ini warga primordial planet kita tidak dapat ditemukan. Bakteri datang dalam bentuk beragam yang mencakup bulat, spiral dan struktur seperti batang. Berdasarkan kemampuan mereka untuk mempertahankan pewarnaan crystal violet, bakteri secara luas diklasifikasikan sebagai bakteri gram positif dan gram negatif. Meskipun semua bentuk kehidupan prokariotik uniseluler diidentifikasi sebagai bakteri, terdapat sebuah bifurkasi, dalam hal domain biologis, yang memisahkan prokariota bersel tunggal menjadi dua bentuk kehidupan yang berbeda – Archaeobacteria dan Eubacteria. Rincian dan perbedaan dari kedua prokariota uniseluler adalah subyek dari pembahasan artikel ini.

Apa itu Archaebacteria?

Kerajaan Archaebacteria merupakan kedua jenis bakteri aerobik serta bakteri anaerob. Archaea telah diamati dilengkapi dengan jalur metabolisme dan beberapa unit hereditas yang sangat dekat dalam bentuk dan fungsi untuk organisme eukariotik. Paling signifikan antara aspek-aspek tersebut adalah enzim yang dimiliki dan diproduksi oleh archaea yang terlibat dalam terjemahan genetik dan transkripsi.

Selain pengamatan ini, karakteristik lain dari archaebacteria adalah mampu mengeluarkan energi dan nutrisi dari sumber lebih dari bentuk kehidupan eukariotik. Sumber-sumber energi dan makanan termasuk gula, ion logam, hidrogen serta sinar matahari. Beberapa spesies archaea juga dapat mengkonversi gas karbon dioksida untuk senyawa karbon padat, sebuah proses yang dikenal sebagai fiksasi karbon. Archaebacteria dapat bereproduksi secara aseksual dalam dengan mengikuti salah satu dari tiga cara berikut – tunas, pembelahan biner atau fragmentasi. Contoh yang baik dari Archaebacteria yang Halobacteria dan Methanocella.

Apa itu Eubacteria?

Istilah Eubacteria digunakan untuk menunjukkan prokariota uniseluler generik yang baik terlihat seperti dan bertindak sebagai prokariota. Hampir semua jenis Eubacteria berkembang biak dengan mengalami pembelahan biner meskipun beberapa spesies diketahui berkembang biak dengan tunas. Eubacteria biasanya mendapatkan nutrisi mereka melalui fiksasi karbon. Ada berbagai jenis bakteri dan ini termasuk bakteri baik membantu dan jenis bakteri berbahaya. Eubacteria dapat memperoleh nutrisi mereka dari tiga sumber energi utama – sinar matahari, senyawa organik dan anorganik.

Perbedaan antara Archaeobacteria dan Eubacteria

Tabel berikut menunjukkan perbedaan struktural dan karakteristik dasar dengan hubungan dengan archaebacteria vs Eubacteria.

Tempat Perbedaan Archaebacteria Eubacteria
RNA polimerase Sepuluh arsitektur inti subunit Empat arsitektur inti subunit
Patogenisitas - Beberapa Eubacteria bersifat patogen
Hubungan dengan Organisme Lainnya Mutual, commensal Mutual, predatory, pathogenic
Struktur sel Peptidoglikan tidak ada, lipid ether-terkait dalam bentuk rantai bercabang Peptidoglikan, lipid ester-terkait dalam bentuk rantai lurus
Peran dalam Alam Belum diketahui Peran penting dalam daur ulang nutrisi

Itu tepatnya meringkas apakah Archaeobacteria dan Eubacteria, bersama dengan poin yang paling penting dari perbedaan yang membedakan kedua jenis evolusi yang berbeda dari bentuk kehidupan uniseluler terpisah. Meskipun pada awalnya diyakini milik kelompok yang sama dari prokariota uniseluler sebagai Eubacteria, Archaea, seperti yang kemudian ditemukan, diidentifikasi sebagai kelompok yang terpisah dari organisme mikro sama sekali, berdasarkan urutan gen rRNA mereka. Setelah banyak penelitian, akhirnya disimpulkan bahwa baik Eubacteria dan archaebacteria milik dua domain mikrobiologi terpisah yang berasal dari satu nenek uniseluler umum – banyak cara yang sama seperti serigala dan anjing diyakini memiliki keturunan dari satu nenek moyang yang terpisah.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014