Perbedaan Persamaan Estrogen Progesteron

Perbedaan Persamaan Estrogen Progesteron. Progesteron dan estrogen, keduanya, melaksanakan fungsi penting dalam tubuh. Berikut adalah informasi rinci tentang persamaan dan perbedaan antara hormon-hormon ini.

Kita tahu bahwa hormon memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Dalam istilah sederhana, hormon dapat didefinisikan sebagai bahan kimia yang bertanggung jawab untuk melaksanakan berbagai fungsi dalam tubuh manusia. Progesteron dan estrogen adalah dua hormon yang paling penting dalam tubuh wanita. Ini adalah hormon steroid yang bertanggung jawab untuk berbagai karakteristik perempuan dalam tubuh. Namun, ada banyak perbedaan antara kedua hormon. Mari kita lihat secara rinci.

Estrogen dan Progesteron

Estrogen, progesteron dan testosteron adalah tiga hormon seks utama dalam tubuh wanita. Mereka memainkan peran penting dalam proses siklus menstruasi, kehamilan, dll dalam tubuh wanita. Ada keseimbangan yang sangat halus antara tingkat progesteron dan estrogen dalam tubuh. Jika keseimbangan ini terganggu karena alasan apapun, seperti menopause, orang menderita dari efek samping. Kedua, estrogen dan progesteron, bekerja sama dalam rangka untuk mempertahankan siklus menstruasi normal dan kehamilan.

Persamaan

Selama proses ovulasi, tingkat estrogen meningkat dalam tubuh. Tingkat progesteron meningkat hanya ketika telur dilepaskan. Sekarang, jika sel telur dibuahi, wanita hamil. Progesteron juga mempersiapkan rahim untuk implantasi dan juga mempertahankan elastisitas. Estrogen mengental endometrium dan mempersiapkan untuk kehamilan. Oleh karena itu, kita melihat bahwa kedua hormon ini memainkan peran penting dalam kehamilan.

Sekarang, jika pembuahan tidak terjadi, tingkat estrogen dan progesteron drop, yang mengakibatkan menstruasi. Kedua, progesteron dan estrogen, juga memiliki peran untuk bermain dalam pengendalian kelahiran. Sebuah kombinasi pil KB, yang mengandung kedua hormon ini, diambil sehingga kadar hormon ini tetap tinggi dalam tubuh. Jika kadar hormon ini tinggi, ovulasi tidak terjadi karena ‘tubuh’ yang tertipu untuk percaya bahwa Anda sedang hamil. Oleh karena itu, telur tidak dirilis dan kehamilan dihindari.

Perbedaan

Meskipun kedua hormon ini diproduksi di ovarium, Hormon Follicle Stimulating-(FSH) merangsang produksi estrogen, dan hormon Luteinizing (LH) merangsang bahwa progesteron. Estrogen menciptakan proliferasi endometrium, sedangkan progesteron diperlukan untuk mempertahankan sekresi endometrium. Progesteron sangat penting untuk kelangsungan hidup embrio. Di sisi lain, estrogen sangat penting untuk ovulasi yang tepat.

Kedua, perbedaan utama lain diantara keduanya adalah struktur kimianya sangat berbeda. Mereka bekerja seperti jungkat jungkit atau seperti pedal gas dan rem. Namun, pada saat yang sama, perlu dicatat bahwa kelebihan dari kedua hormon ini menyebabkan beberapa efek samping. Kelebihan estrogen dalam tubuh meningkatkan lemak tubuh dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini juga menyebabkan gejala lain seperti depresi, sakit kepala, retensi cairan, dll Gejala ini dapat diobati dengan meningkatkan tingkat progesteron dalam tubuh.

Hal ini juga harus dicatat bahwa tingginya kadar hormon dalam tubuh, khususnya dalam fase pasca menopause, dapat meningkatkan risiko kanker. Tingginya kadar estrogen telah ditemukan untuk meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker endometrium. kedua, perempuan yang menggunakan kombinasi pil KB juga pada risiko tinggi untuk kanker. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga keseimbangan yang tepat antara tingkat kedua hormon tersebut.

Sebagai ringkasan di atas, kita menemukan bahwa ketika membandingkan dua hormon, ada beberapa kesamaan dalam fungsi mereka. Hormon-hormon yang diperlukan dalam kombinasi yang tepat untuk memiliki siklus menstruasi yang sehat dan kehamilan. Namun, orang harus ingat bahwa itu adalah disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum minum pil atau suplemen apapun yang mengandung hormon, karena dapat menyebabkan efek samping. Berhati-hatilah!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014