RPP Biologi Kelas XII Semester Genap

RPP Biologi Berkarakter Kelas XII Genap – Berikut saya sajikan satu buah RPP Biologi Berkarakter Kelas XI Genap untuk materiTeori evolusi yang kesemuanya untuk 7 kali pertemuan, sisanya anda bisa download pada link yang disediakan di akhir tulisan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah
SMAN 10 GARUT
Kelas/Semester
XII/Genap
Mata Pelajaran Biologi
Alokasi Waktu
14 jam pelajaran (7 × pertemuan)

 

A. Standar Kompetensi

4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas.

B. Kompetensi Dasar

4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi Biologi.

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:

  1. Menjelaskan fenomena evolusi dan perkembangan teori evolusi.
  2. Menjelaskan bahwa evolusi terjadi karena seleksi alam dan menerangkan hubungan antara adaptasi dengan konsep evolusi melalui kegiatan kelompok (praktikum).
  3. Menjelaskan proses terjadinya evolusi menurut J.B. Lamarck, Darwin, dan Weismann.
  4. Menyebutkan petunjuk-petunjuk mengenai adanya evolusi.
  5. Menjawab permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan gambar anggota gerak depan beberapa Vertebrata melalui kegiatan diskusi.
  6. Menjelaskan mekanisme evolusi menurut hukum Hardy-Weinberg.
  7. Mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan hukum Hardy-Weinberg melalui kegiatan individu.
  8. Menghitung frekuensi gen pada suatu populasi dan mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempercepat terjadinya evolusi melalui kegiatan kelompok (praktikum). Menyebutkan dan menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi perubahan frekuensi gen pada populasi. Menghitung frekuensi gen pada suatu populasi dan menjelaskan faktor-faktor yang mempercepat terjadinya evolusi melalui kegiatan kelompok.
  9. Menyebutkan dan menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi perubahan frekuensi gen pada populasi.
  10. Menghitung frekuensi gen pada suatu populasi dan menjelaskan faktor-faktor yang mempercepat terjadinya evolusi melalui kegiatan kelompok.

D. Karakter Siswa yang Diharapkan

No.

Nilai Sikap

Definisi

Keterkaitan Nilai

1 Peduli Lingkungan

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

• Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan.
2 Mandiri

Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

• Mencari sumber di perpustakaan untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan pustakawan.

• Menerjemahkan sendiri kalimat bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya.

3 Toleransi

Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

• Memberi kesempatan kepada teman untuk berbeda pendapat.

• Bersahabat dengan teman lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis.

• Mau menerima pendapat yang berbeda budayanya.

4 Kerja Keras

Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi b e r b a g a i hamba t a n b e l a j a r,

tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

• Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.

• Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas di kelas dan luar kelas.

• Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber

E. Materi Pembelajaran

  1. Fenomena Evolusi dan Perkembangan Teori Evolusi
  2. Pro dan Kontra tentang Teori Evolusi
  3. Petunjuk Evolusi
  4. Mekanisme Evolusi
  5. Konsep-Konsep yang Berkaitan dengan Evolusi

F. Metode Pembelajaran

  1. Informasi (ceramah).
  2. Tanya jawab.
  3. Demonstrasi.
  4. Praktikum.
  5. Diskusi.
  6. Penugasan.

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Apersepsi

Guru bertanya: Apa yang dimaksud dengan evolusi?

b. Motivasi

Guru mengajak siswa untuk mempelajari teori-teori evolusi pada masa pra-Darwin dan pada masa Darwin.

2. Kegiatan Inti

Eksplorasi

a. Guru menjelaskan fenomena evolusi dan perkembangan teori evolusi.

b. Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.

c. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antara siswa dengan guru.

Elaborasi

  1. Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
  2. Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman.
  3. Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin.
  4. Siswa mendiskusikan mekanisme  evolusi menurut Darwin.

Konfirmasi

a. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.

b. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.

3. Kegiatan Penutup

a. Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran.

b. Guru menugaskan siswa menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan kelompok tentang seleksi alam sebagai pekerjaan rumah (PR).

H. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Buku paket Biologi Kelas XII SMA/MA.
  2. Buku Biologi Kelas XIIb SMA/MA terbitan bse
  3. Buku pelajaran Biologi yang relevan.
  4. Peralatan yang relevan.

I. Penilaian

No. Jenis Bentuk Instrumen/Aktivitas
1 Penugasan Kegiatan kelompok

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan mandiri

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan eksplorasi

Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.

2 Pelatihan Uji Kompetensi

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.

Ulangan Harian

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya

Tindak Lanjut

Perbaikan; Pengayaan

 

Guru Mata Pelajaran

 

_______________

Tentu saja RPP Biologi Berkarakter Kelas XII Genap yang saya buat bukan berarti yang terbaik ini hanya contoh buatan saya sendiri, karena dalam penyusunan RPP Biologi Berkarakter Kelas XII Genap kreativitas guru masing-masing sangatlah menentukan dalam penentuan sistematika dan kedalaman isinya.

Artikel Terkait

Updated: 13 February 2012 — 05:26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme