RPP Biologi Kelas XI Semester 2

RPP Biologi Berkarakter Kelas XI Genap – Berikut saya sajikan satu buah RPP Biologi Berkarakter Kelas XI Genap untuk materi struktur dan fungsi organ manusia dan hewan yang kesemuanya untuk 5 kali pertemuan, sisanya anda bisa download pada link yang disediakan di akhir tulisan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMAN 10
Kelas/Semester : XI/Genap
Mata Pelajaran: Biologi
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (5 × pertemuan)

 

A. Standar Kompetensi

3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas.

B. Kompetensi Dasar

3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia).

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:

  1. Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia.
  2. Mengisi tabel yang berkaitan dengan enzim pencernaan, tempat pencernaan, dan fungsi enzim pencernaan melalui kegiatan individu.
  3. Mengetahui peranan dan proses kerja enzim ptialin yang terkandung di dalam air liur melalui kegiatan kelompok.
  4. Menjelaskan pengertian dan macam-macam zat makanan beserta fungsinya bagi tubuh manusia.
  5. Mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat pada bahan makanan melalui kegiatan kelompok.
  6. Menjelaskan berbagai macam kelainan/penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan makanan manusia serta teknologi pengobatannya.
  7. Mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan penyakit hemaroid melalui kegiatan diskusi.
  8. Menjelaskan sistem pencernaan pada hewan ruminansia.

D. Karakter Siswa yang Diharapkan

No.

Nilai Sikap

Definisi

Keterkaitan Nilai

1 Peduli Lingkungan

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

• Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan.
2 Mandiri

Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

• Mencari sumber di perpustakaan untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan pustakawan.

• Menerjemahkan sendiri kalimat bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya.

3 Toleransi

Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

• Memberi kesempatan kepada teman untuk berbeda pendapat.

• Bersahabat dengan teman lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis.

• Mau menerima pendapat yang berbeda budayanya.

4 Kerja Keras

Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi b e r b a g a i hamba t a n b e l a j a r, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

• Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.

• Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas di kelas dan luar kelas.

• Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber

E. Materi Pembelajaran

  1. Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia
  2. Zat Makanan dan Fungsinya
  3. Kelainan/Penyakit pada Sistem Pencernaan Makanan Manusia serta Teknologi Pengobatannya
  4. Sistem Pencernaan pada Hewan Ruminansia

F. Metode Pembelajaran

  1. Informasi (ceramah). 4. Praktikum.
  2. Tanya jawab. 5. Diskusi.
  3. Demonstrasi. 6. Penugasan.

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Apersepsi

Sebutkan secara urut sistem pencernaan pada manusia?

b. Motivasi

Mengisi tabel yang berkaitan dengan enzim pencernaan, tempat pencernaan, dan fungsi enzim pencernaan.

2. Kegiatan Inti

Eksplorasi

a. Guru menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia.

b. Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.

c. Guru melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Elaborasi

  • Siswa menjawab pertanyaan diskusi dilanjutkan mengidentifikasi zat-zat gizi lain dan fungsinya bagi tubuh.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan hasil pengamatan dan kesimpulan dengan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
  • Dengan diberikan gambar sistem pencernaan manusia siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dan proses pencernaan yang terjadi.
  • Siswa membaca buku teks, kemudian menyusun tabel perbandingan sistem pencernaan pada hewan vertebrata.

Konfirmasi

a. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.

b. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.

c. Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan maupun tulisan.

3. Kegiatan Penutup

a. Rangkuman/kesimpulan.

b. Penugasan.

c. Penilaian.

H. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Buku paket Biologi XI SMA.
  2. Buku Biologi XIb SMA/MA terbitan BSE
  3. Buku-buku referensi yang relevan.
  4. Alat-alat praktikum.

I. Penilaian

No. Jenis Bentuk Instrumen/Aktivitas
1 Penugasan Kegiatan kelompok

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan mandiri

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan eksplorasi

Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.

2 Pelatihan Uji Kompetensi

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.

Ulangan Harian

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya

Tindak Lanjut

Perbaikan; Pengayaan

Tentu saja RPP Biologi Berkarakter Kelas XI Genap yang saya buat bukan berarti yang terbaik ini hanya contoh buatan saya sendiri, karena dalam penyusunan RPP Biologi Berkarakter Kelas XI Genap kreativitas guru masing-masing sangatlah menentukan dalam penentuan sistematika dan kedalaman isinya.

Untuk salinan RPP Biologi Berkarakter Kelas XI Genap lengkapnya saya sediakan dalam format PDF (biar susah ngeditnya :D ) silahkan DOWNLOAD

Artikel Terkait

Updated: 18 January 2012 — 15:25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014