RPP Fisika Kelas X Genap 2012

RPP Fisika Berkarakter Kelas X Genap – Berikut saya sajikan satu buah RPP Fisika Berkarakter Kelas X Genap untuk materiprinsip kerja alat-alat optik yang kesemuanya untuk enam kali pertemuan, sisanya anda bisa download pada link yang disediakan di akhir tulisan.

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMELAJARAN  (RPP)

Sekolah

SMAN 10

Kelas/Semester

X/Genap

Mata Pelajaran

Fisika

Alokasi Waktu

6 jam pelajaran (3 × pertemuan)

Tahun Pelajaran

2012/2013

 

A. Standar Kompetensi

3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik.

B. Kompetensi Dasar

3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif.

3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

C. Tujuan Pemelajaran

Setelah selesai mengikuti kegiatan pemelajaran diharapkan siswa dapat:

  1. Mengetahui sifat pemantulan oleh cermin.
  2. Menyebutkan sifat bayangan pada cermin datar.
  3. Mengetahui sinar-sinar istimewa pada cermin dan lensa.
  4. Melukiskan pembentukan bayangan pada cermin cekung dan cermin cembung.
  5. Memberikan contoh manfaat cermin datar, cermin cembung, dan cermin cekung dalam kehidupan.
  6. Merumuskan persamaan umum pada cermin lengkung dan lensa.
  7. Mengetahui pembentukan bayangan pada beberapa alat optik.

D. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Nilai Sikap

Definisi

Keterkaitan Nilai

Rasa Ingin

Tahu

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk dan budaya sekolah mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.

Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran. Membaca atau mendiskusikan gejala alam yang baru terjadi. Membaca atau mendiskusikan beberapa peristiwa alam, sosial, budaya, ekonomi, politik, dan teknologi yang baru didengar.

Senang

Membaca

Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya

Membaca buku atau tulisan keilmuan, sastra, seni, budaya, teknologi, dan humaniora. Membaca buku atau tulisan tentang alam, sosial, budaya, seni, dan teknologi. Membaca koran.

Semangat

Kebangsaan

Cara berfikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

Mengemukakan pikiran dan sikap terhadap pertentangan antara bangsa bangsa Indonesia dengan bangsa lain.

Peduli

Lingkungan

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan.

Cinta Damai

Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fi sik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa.

Ikut serta dalam berbagai kegiatan cinta damai. Berkomunikasi dengan teman-teman setanah air. Ikut berpartisipasi dalam menjaga keamanan sekolah.

 

 

E. Materi Pemelajaran

  1. Cermin
  2. Lensa
  3. Alat Optik

F. Metode Pemelajaran

  1. Informasi (ceramah).
  2. Tanya jawab.
  3. Diskusi.
  4. Penugasan

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pemelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Apersepsi

Apa yang kalian ketahui tentang cermin?

b. Motivasi

Guru memberikan contoh manfaat cermin, siswa menjelaskan sifat bayangan pada cermin.

2. Kegiatan Inti

Eksplorasi

a. Guru menjelaskan definisi cermin dan sifat pemantulannya.

b. Guru menjelaskan sifat bayangan pada cermin datar dan cermin lengkung.

c. Guru melibatkan peserta didik mencari informasi tentang manfaat cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari.

d. Guru menggunakan beragam pendekatan pemelajaran, media pemelajaran, dan sumber belajar lain.

e. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.

f. Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pemelajaran.

Elaborasi

  1. Menjelaskan fungsi dan bagian alat-alat optik mata, kacamata, kamera, lup, mikroskop, dan teropong.
  2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
  3. Salah satu peserta didik disuruh menjelaskan fungsi alat-alat optik mata, kacamata, kamera, lup, mikroskop, dan teropong.
  4. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
  5. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
  6. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
  7. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
  8. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
  9. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi

a. Guru bertanya jawab mengenai hal-hal yang belum diketahui siswa.

b. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.

c. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi secara aktif.

3. Kegiatan Penutup

a. Rangkuman/kesimpulan.

b. Penugasan

H. Sumber dan Media Pemelajaran

1. Buku paket Fisika X SMA.

2. Buku Fisika Xb SMA/MA BSE.

3. Buku pelajaran Fisika yang relevan.

4. Buku-buku yang relevan.

5. Literatur lain (buku, koran, majalah, dan internet).

I. Penilaian

No. Jenis Bentuk Instrumen/Aktivitas
1 Penugasan Kegiatan kelompok

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan mandiri Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.
Kegiatan eksplorasi

Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.

2 Pelatihan Uji Kompetensi

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.

Ulangan Harian

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya

Tindak Lanjut

Perbaikan; Pengayaan

 

Tentu saja RPP Fisika Berkarakter Kelas X Genap yang saya buat bukan berarti yang terbaik ini hanya contoh buatan saya sendiri, karena dalam penyusunan RPP Fisika Berkarakter Kelas X Genap kreativitas guru masing-masing sangatlah menentukan dalam penentuan sistematika dan kedalaman isinya. Secara lengkap RPP Fisika untuk SMA bisa anda lihat pada link dibawah ini:

RPP Fisika SMA Kelas X

RPP Fisika SMA Kelas XI

RPP Fisika SMA Kelas XII

Artikel Terkait

Updated: 20 February 2012 — 09:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme