RPP Kimia Kelas X Semester Genap

RPP Kimia Berkarakter Kelas X Genap – Berikut saya sajikan satu buah RPP Kimia Berkarakter Kelas X Genap untuk materi sifat-sifat larutan nonelektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi reduksi yang kesemuanya untuk tiga kali pertemuan, sisanya anda bisa download pada link yang disediakan di akhir tulisan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah

SMA NEGERI 10

Kelas/Semester

X/Genap

Mata Pelajaran

Kimia

Alokasi Waktu

6 jam pelajaran (3 × pertemuan)

Tahun Pelajaran

2012/2013

A. Standar Kompetensi

3. Memahami sifat-sifat larutan nonelektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi reduksi.

B. Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi sifat larutan nonelektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:

  1. Memahami larutan elektrolit dan nonelektrolit.
  2. Mengidentifikasi sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit.

D. Karakter Siswa yang Diharapkan

  1. Mandiri
  2. Berpikir logis
  3. Kreatif
  4. Kerja sama
  5. Saling menghargai
  6. Peduli lingkungan
  7. Rasa percaya diri
  8. Cinta ilmu
  9. Tanggung jawab
  10. Jujur

E. Materi Pembelajaran

  1. Pengertian Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
  2. Sifat Daya Hantar Listrik dalam Larutan
  3. Cara Larutan Elektrolit Menghantarkan Arus Listrik
  4. Senyawa Pembentuk Larutan Elektrolit

F. Metode Pembelajaran

  1. Informasi (ceramah).
  2. Tanya jawab.
  3. Diskusi.
  4. Penugasan.

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Apersepsi

Apa yang dimaksud larutan elektrolit?

b. Motivasi

Guru membacakan tujuan uji daya hantar listrik.

2. Kegiatan Inti

Eksplorasi

a. Guru menjelaskan pengertian larutan elektrolit dan nonelektrolit.

b. Guru melibatkan peserta didik dalam mencari informasi yang luas dan dalam tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit.

c. Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.

d. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.

e. Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

f. Guru memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan dan pengamatan.

Elaborasi

  1. Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan non elektrolit dan elektrolit.
  2. Demontrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron
  3. Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas.
  4. Berlatih menentukan bilangan oksidasi,  oksidator, reduktor, hasil oksidasi, dan hasil reduksi.
  5. Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.
  6. Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok di kelas.

Konfirmasi

a. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.

b. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

c. Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.

d. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup

a. Rangkuman/kesimpulan.

b. Penugasan.

H. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Buku paket Kimia X SMA.
  2. Buku Xb SMA/MA terbitan bse.
  3. Buku pelajaran Kimia yang relevan.
  4. Buku-buku yang relevan.
  5. Literatur lain (buku, koran, majalah, dan internet).

I. Penilaian

No. Jenis Bentuk Instrumen/Aktivitas
1 Penugasan Kegiatan kelompok

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan mandiri

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan eksplorasi

Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.

2 Pelatihan Uji Kompetensi

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.

Ulangan Harian

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya

Tindak Lanjut

Perbaikan; Pengayaan

3. Alat Penilaian

Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!

1. Apakah air tergolong elektrolit atau nonelektrolit? Terangkan!

2. Mengapa HCl kering dalam keadaan gas tergolong nonelektrolit, tetapi dalam larutan dalam air tergolong elektrolit kuat? Jelaskan.

3. Jelaskan pengertian reaksi oksidasi dan reaksi reduksi.

4. Tentukan bilangan oksidasi S dari zat-zat berikut.
a. S
b. SO3
c. H2SO4
d. Na2SO4
e. NaHSO3

5. Setarakan reaksi redoks berikut dengan cara setengah reaksi dan perubahan bilangan oksidasi.
a. H2O2(l) → H2O(l) + O2(g)
b. KClO3(aq) → KCl(aq) + O2(g)
c. FeS2(aq) + O2(g) → Fe2O3(aq) + SO2(aq)

Kunci Jawaban

1. Air murni tergolong non elektrolit, sebab air tidak terurai menjadi ion-ionnya, tetapi tetap sebagai molekul. Walaupun terurai sangat kecil sekira 10–7 M.

2. HCl dalam keadaan gas tidak terurai, sebab tidak ada yang mengaktivasi menjadi ion-ionnya, sedangkan dalam larutan air, molekul-molekul air mengaktivasi molekul-molekul HCl hingga terjadi reaksi H2O dan H+ membentuk H3O+ dan Cl.

3. Reaksi oksidasi adalah reaksi yang menga lami kenaikan bilangan oksidasi, sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi yang mengalami penuruna bilangan oksidasi.

4. a. 0
b. +6
c. +6
d. +6
e. +4

5. a. 2 H2O2(l) → 2H2O(l) + O2(g)
b. 2 KClO3(aq) 2 KCl(aq) + 3 O2(g)
c. 4 FeS2(aq) + 11 O2(g) → 2 Fe2O3(aq) + 8 SO2(aq)

Penilaian

Skor tiap soal = 20

Skor maksimal ideal = 100

Skor siswa = (jumlah jawaban benar) x 20

Januari 2012

Guru Mata Pelajaran
Budiyanto, S.Pd.

Tentu saja RPP Kimia Berkarakter Kelas X Genap yang saya buat bukan berarti yang terbaik ini hanya contoh buatan saya sendiri, karena dalam penyusunan RPP Kimia Berkarakter Kelas X Genap kreativitas guru masing-masing sangatlah menentukan dalam penentuan sistematika dan kedalaman isinya.

Untuk salinan RPP Kimia Berkarakter Kelas X Genap lengkapnya saya sediakan dalam format PDF (biar susah ngeditnya :D ) silahkan DOWNLOAD

Artikel Terkait

Updated: 14 February 2012 — 23:03

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014