RPP KIMIA KELAS XII SEMESTER GENAP

RPP Kimia Berkarakter Kelas XII Genap – Berikut saya sajikan satu buah RPP Kimia Berkarakter Kelas XII Genap untuk materi  senyawa organik, benzena dan turunannya yang kesemuanya untuk sembilan kali pertemuan, sisanya anda bisa download pada link yang disediakan di akhir tulisan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah
Kelas/Semester
Mata Pelajaran
Alokasi Waktu
Tahun Pelajaran

 

A. Standar Kompetensi

4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.

B. Kompetensi Dasar

4.1 Mendeskripsikan struktur cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (haloalkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat).

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:

  1. Menjelaskan gugus fungsi senyawa karbon.
  2. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa haloalkana.
  3. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa alkanol.
  4. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa alkoksi alkana.
  5. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa alkanal.
  6. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa alkanon.
  7. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa asam alkanoat.
  8. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa alkil alkanoat.

D. Karakter Siswa yang Diharapkan

Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan

E. Materi Pembelajaran

  1. Gugus Fungsi Senyawa Karbon
  2. Haloalkana
  3. Alkanol (Alkohol)
  4. Alkoksi Alkana (Eter)
  5. Alkanal (Aldehida)
  6. Alkanon (Keton)
  7. Asam Alkanoat (Asam Karboksilat)
  8. Alkil Alkanoat (Ester)

F. Metode Pembelajaran

  1. Informasi (ceramah).
  2. Tanya jawab.
  3. Diskusi.
  4. Penugasan.

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Apersepsi

Apa itu senyawa karbon?

b. Motivasi

Memberikan penjelasan senyawa karbon memiliki gugus fungsi. Sebutkan contoh senyawa haloalkana!

2. Kegiatan Inti

Eksplorasi

a. Guru menjelaskan gugus fungsi senyawa karbon.
b. Guru menjelaskan tata nama haloalkana.
c. Guru menjelaskan sifat-sifat haloalkana
d. Guru menjelaskan kegunaan haloalkana.
e. Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang senyawa haloalkana.
f. Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain.
g. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru dan sumber belajar lainnya.
h. Guru melibatkan peserta didik aktif dalam setiap kegiatan pemelalajaran.

Elaborasi

  1. Latihan memberi nama dari berbagai jenis senyawa.
  2. Membahas jenis-jenis isomer senyawa karbon melalui diskusi
  3. Latihan menentukan terjadinya isomer dan memberikan nama senyawa yang terbentuk
  4. Menganalisis data  titik didih dan titik leleh senyawa karbon  untuk menjelaskan sifat-sifat fisik melalui diskusi
  5. Mengkaji  reaksi senyawa karbon dalam diskusi kelas
  6. Mencari informasi dari literatur dan media farmasi tentang kegunaan senyawa karbon secara individu.
  7. Menentukan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya melalui diskusi.
  8. Membahas reaksi substitusi atom H pada cincin benzena.

Konfirmasi

a. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
b. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
c. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup

a. Rangkuman/kesimpulan.
b. Penugasan.

H. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Buku paket Kimia XII SMA.
  2. Buku Kimia XIIb SMA/MA terbitan BSE.
  3. Buku pelajaran Kimia yang relevan.
  4. Buku-buku yang relevan.
  5. Literatur lain (buku, koran, majalah, dan internet).

I. Penilaian

No. Jenis Bentuk Instrumen/Aktivitas
1 Penugasan Kegiatan kelompok

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan mandiri Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.
Kegiatan eksplorasi

Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.

2 Pelatihan Uji Kompetensi

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.

Ulangan Harian

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya

Tindak Lanjut

Perbaikan; Pengayaan

3. Alat Penilaian

a. Kegiatan-kegiatan dalam buku Kimia XIIb SMA/MA.

b. Soal-soal uji kompetensi dalam buku Kimia XIIb SMA/MA.

c. Soal-soal latihan yang dibuat sendiri oleh guru mata pelajaran.

d. Soal-soal ulangan harian dalam buku Kimia XIIb SMA/MA.

Januari 2012

Guru Mata Pelajaran
Budiyanto, S.Pd.

Tentu saja RPP Kimia Berkarakter Kelas XI Genap yang saya buat bukan berarti yang terbaik ini hanya contoh buatan saya sendiri, karena dalam penyusunan RPP Kimia Berkarakter Kelas XI Genap kreativitas guru masing-masing sangatlah menentukan dalam penentuan sistematika dan kedalaman isinya.

Untuk salinan RPP Kimia Berkarakter Kelas XI Genap lengkapnya saya sediakan dalam format PDF (biar susah ngeditnya :D ) silahkan DOWNLOAD

Artikel Terkait

Updated: 16 February 2012 — 02:18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme