RPP Matematika Berkarakter Kelas X Genap

RPP Matematika Berkarakter Kelas X Genap – Berikut saya sajikan satu buah RPP MatematikaBerkarakter Kelas X Genap untuk materi Logika Matematika yang kesemuanya untuk 5 kali pertemuan, sisanya anda bisa download pada link yang disediakan di akhir tulisan.

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

 

Sekolah SMAN 10
Kelas/Semester X/Genap
Mata Pelajaran Matematika
Alokasi Waktu 10 jam pelajaran (5 × pertemuan)
Tahun Pelajaran 2012/2013

 

A. Standar Kompetensi

4. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan

majemuk dan pernyataan berkuantor.

B. Kompetensi Dasar

4.1 Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya.

4.2 Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.

4.3 Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan.

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:

  1. Menjelaskan tentang pernyataan dan kalimat terbuka serta ingkarannya.
  2. Menjelaskan tentang konjungsi.
  3. Menjelaskan tentang disjungsi.
  4. Menjelaskan tentang implikasi dan biimplikasi.
  5. Menjelaskan tentang negasi dari pernyataan majemuk.
  6. Menjelaskan tentang konvers, invers, dan kontraposisinya.
  7. Menjelaskan tentang kuantor universal dan kuantor eksistensial.

D. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

No. Nilai Sikap Definisi Keterkaitan Nilai
1 Teliti Cermat dalam setiap melakukan sikap dan perbuatan serta setiap pekerjaan, tidak terburub u r u , n a m u n p e r l u perhitungan dan pengkajian baik-buruknya.

• Mengulang-ulang pokok bahasan yang dipelajari.

• Tidak terburu-buru dalam mengerjakan pekerjaan.

2 Kreatif Berpikir dan melakukan sesuatu yang menghasilkan cara atau hasil baru dari yang telah dimiliki.

• Mengajukan suatu pikiran baru tentang suatu pokok bahasan.

• Menerapkan hukum/teori/prinsip yang sedang dipelajari dalam aspek kehidupan masyarakat.

3 Pantang Menyerah Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

• Mengerjakan tugas dengan teliti dan rapi.

• Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber.

4 Rasa Ingin Tahu Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.

• Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

• Membaca atau mendiskusikan gejala alam yang baru terjadi.

• Membaca atau mendiskusikan beberapa peristiwa alam, sosial, budaya, ekonomi, politik, dan teknologi yang baru didengar.

E. Materi Pembelajaran

  1. Pernyataan dan Kalimat Terbuka serta Ingkarannya
  2. Nilai Kebenaran Pernyataan Majemuk
  3. Negasi dari Pernyataan Majemuk
  4. Konvers, Invers, dan Kontraposisi
  5. Kuantor Universal dan Kuantor Eksistensial

F. Metode Pembelajaran

  1. Informasi (ceramah).
  2. Tanya jawab.
  3. Diskusi.
  4. Penugasan.

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Apersepsi

Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan materi yang akan dipelajari dan bertanya kepada siswa tentang apa yang dimaksud dengan kalimat?

b. Motivasi

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menekankan pentingnya materi ini pada kehidupan sehari-hari.

2. Kegiatan Inti

Eksplorasi

  1. Guru menjelaskan pengertian Pernyataan dan Kalimat Terbuka serta Ingkarannya beserta contohnya
  2. Guru menjelaskan Nilai Kebenaran Pernyataan Majemuk
  3. Guru menjelaskan Negasi dari Pernyataan Majemuk
  4. Guru menjelaskan Konvers, Invers, dan Kontraposisi
  5. Guru menjelaskan Kuantor Universal dan Kuantor Eksistensial

Elaborasi

a. Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.

b. Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.

c. Guru memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.

d. Siswa mengerjakan soal-soal uji kompetensi 1.

e. Guru memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.

f. Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik secara lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok.

g. Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual.

Konfirmasi

  1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik.
  2. Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan kesimpulan.

3. Kegiatan Penutup

a. Siswa membuat rangkuman/kesimpulan.

b. Penugasan.

H. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Buku paket Matematika X SMA.
  2. Buku Matematika Xb SMA/MA terbitanBSE
  3. Buku pelajaran Matematika yang relevan.
  4. Buku-buku yang relevan.
  5. Literatur lain (buku, koran, majalah, dan internet).

I. Penilaian

No. Jenis Bentuk Instrumen/Aktivitas
1 Penugasan Kegiatan kelompok

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan mandiri Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.
Kegiatan eksplorasi

Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.

2 Pelatihan Uji Kompetensi

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.

Ulangan Harian

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya

Tindak Lanjut

Perbaikan; Pengayaan

Guru Mata Pelajaran

Tentu saja RPP Matematika Berkarakter Kelas X Genap yang saya buat bukan berarti yang terbaik ini hanya contoh buatan saya sendiri, karena dalam penyusunan RPP Matematika Berkarakter Kelas X Genap kreativitas guru masing-masing sangatlah menentukan dalam penentuan sistematika dan kedalaman isinya.

Untuk salinan RPP Matematika Berkarakter Kelas X Genap lengkapnya saya sediakan dalam format PDF (biar susah ngeditnya ) silahkan DOWNLOAD

Artikel Terkait

Updated: 27 February 2012 — 03:54

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014