RPP Matematika Berkarakter Kelas XI IPS Genap

RPP Matematika Berkarakter Kelas XI IPS Genap – Berikut saya sajikan satu buah RPP Matematika Berkarakter Kelas XI IPS Genap untuk materi komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi yang kesemuanya untuk 5 kali pertemuan, sisanya anda bisa download pada link yang disediakan di akhir tulisan.

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Sekolah SMAN 10
Kelas/Semester XI IPS/Genap
Mata Pelajaran Matematika
Alokasi Waktu 10 jam pelajaran (5 × pertemuan)
Tahun Pelajaran 2012/2013

 

A. Standar Kompetensi

2. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.

B. Kompetensi Dasar

2.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi.

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:

  1. Menjelaskan tentang pengertian fungsi.
  2. Menjelaskan tentang fungsi komposisi dari dua fungsi.
  3. Menjelaskan tentang fungsi komposisi dari tiga fungsi.
  4. Menentukan fungsi f apabila fungsi g dan fungsi gof atau fog diketahui.

D. Karakter Siswa yang Diharapkan

No. Nilai Sikap Definisi Keterkaitan Nilai
1 Teliti

Cermat dalam setiap melakukan sikap dan perbuatan serta setiap pekerjaan, tidak terburub u r u , n a m u n p e r l u perhitungan dan pengkajian baik-buruknya.

• Mengulang-ulang pokok bahasan yang dipelajari.

• Tidak terburu-buru dalam mengerjakan pekerjaan.

2 Kreatif

Berpikir dan melakukan sesuatu yang menghasilkan cara atau hasil baru dari yang telah dimiliki.

• Mengajukan suatu pikiran baru tentang suatu pokok bahasan.

• Menerapkan hukum/teori/prinsip yang sedang  dipelajari dalam aspek kehidupan masyarakat.

3 Pantang Menyerah Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

• Mengerjakan tugas dengan teliti dan rapi.

• Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang

materi pelajaran dari berbagai sumber.

4 Rasa Ingin Tahu

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.

• Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks

tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

• Membaca atau mendiskusikan gejala alam yang baru terjadi.

• Membaca atau mendiskusikan beberapa peristiwa alam, sosial, budaya, ekonomi, politik, dan teknologi yang baru didengar.

 E. Materi Pembelajaran

  1. Pengertian fungsi
  2. Fungsi Komposisi

F. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah Interaktif
  2. Pemecahan Masalah
  3. Ceramah
  4. Tanya jawab
  5. Demokrasi

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Apersepsi

Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan materi yang akan dipelajari dan bertanya pada siswa apa fungsi itu.

b. Motivasi

Guru memberikan contoh-contoh fungsi, misalkan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan lain-lain.

2. Kegiatan Inti

Eksplorasi

  1. Menjelaskan pengertian dan sifat-sifat fungsi.
  2. Menjelaskan nilai fungsi komposisi terhadap komponen pembentukanya.
  3. Melibatkan peserta didik menentukan aturan fungsi invers dari suatu fungsi.
  4. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Elaborasi

a. Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.

b. Guru  memfasilitasi  peserta  didik  melalui  pemberian  tugas,  diskusi,  dan  lain-lain  untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.

c. Guru memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.

d. Siswa mengerjakan soal-soal uji kompetensi 1.

e. Guru memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.

f. Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik secara lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok.

g. Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual.

Konfirmasi

  1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik.
  2. Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan kesimpulan.

3. Kegiatan Penutup

a. Siswa membuat rangkuman/kesimpulan.

b. Penugasan.

H. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Buku paket Matematika XI SMA.
  2. Buku Matematika XIb IPS SMA/MA terbitan BSE
  3. Buku pelajaran Matematika yang relevan.
  4. Lingkungan sekitar.
  5. Literatur lain (buku, koran, majalah, dan internet).

I. Penilaian

No. Jenis Bentuk Instrumen/Aktivitas
1 Penugasan Kegiatan kelompok

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan mandiri Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.
Kegiatan eksplorasi

Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.

2 Pelatihan Uji Kompetensi

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.

Ulangan Harian

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya

Tindak Lanjut

Perbaikan; Pengayaan

Guru Mata Pelajaran

__________

Tentu saja RPP Matematika Berkarakter Kelas XI IPS Genap yang saya buat bukan berarti yang terbaik ini hanya contoh buatan saya sendiri, karena dalam penyusunan RPP Matematika Berkarakter Kelas XI IPS Genap kreativitas guru masing-masing sangatlah menentukan dalam penentuan sistematika dan kedalaman isinya.

Untuk salinan RPP Fisika Berkarakter Kelas XI IPS Genap lengkapnya saya sediakan dalam format PDF (biar susah ngeditnya ) silahkan DOWNLOAD

Artikel Terkait

Updated: 27 February 2012 — 15:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme