RPP TIK Kelas XII Semester 2

RPP TIK Berkarakter Kelas XII Semester 2- Sebelumnya saya telah berbagi RPP Biologi berkarakter untuk kelas X, yang sekarang selesai dibuat adalah RPP TIK untuk kelas XII semester 2. Untuk memester 2 materi TIK yang diajarkannya berupa program pengolah untuk presentasi, disini yang digunakannya adalah aplikasi Ms Powerpoint versi 2007. Sebagian besar materinya telah di publikasi di situs ini beserta contoh soal dan latihannya jadi anda bisa melengkapi sumber bahan ajarnya selain buku pelajaran atau LKS yang biasa menjadi pegangan. RPP TIK Berkarakter Kelas XII Semester 2 bisa anda download disini dan silahkan perbaiki kalau menurut anda ada format yang masih kurangnya.

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMAN 10
Kelas/Semester : XII/Genap
Mata Pelajaran: Teknologi Informasi dan Komunikasi
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 × pertemuan)

 

A. Standar Kompetensi

2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi.

B. Kompetensi Dasar

2.1 Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi.

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:

1. Mengidentifikasi program Microsoft Office PowerPoint (Versi 2007).

2. Mengetahui cara memulai Microsoft Office PowerPoint (Versi 2007).

3. Mengetahui elemen dasar jendela kerja Microsoft Office PowerPoint (Versi 2007).

4. Mengetahui cara menutup Microsoft Office PowerPoint (Versi 2007).

D. Karakter Siswa yang Diharapkan

No.

Nilai Sikap

Definisi

Keterkaitan Nilai

1

Menghargai Karya Orang lain

Sikap dan tindakan yang selalu menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari

• Menampilkan contoh prlilaku  menghargai  Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi

2

Mandiri

Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

• Mencari sumber di perpustakaan untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan pustakawan.

• Menerjemahkan sendiri kalimat bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya.

3

Toleransi

Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

• Memberi kesempatan kepada teman untuk berbeda pendapat.

• Bersahabat dengan teman lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis.

• Mau menerima pendapat yang berbeda budayanya.

4

Kerja Keras

Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi b e r b a g a i hamba t a n b e l a j a r,

tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

• Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.

• Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas di kelas dan luar kelas.

• Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber

 

E. Materi Pembelajaran

1. Identifikasi Program Microsoft Office PowerPoint (Versi 2007)

2. Tombol Shortcut pada Microsoft Office PowerPoint (Versi 2007)

F. Metode Pembelajaran

  1. Informasi (ceramah).
  2. Tanya jawab.
  3. Demonstrasi
  4. Penugasan.
  5. Praktikum.

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Apersepsi

Guru menerangkan tentang fitur baru yang terdapat pada program aplikasi Microsoft PowerPoint (Versi 2007).

b. Motivasi

Siswa mengidentifikasi tampilan dan fitur baru yang terdapat pada program aplikasi Microsoft PowerPoint (Versi 2007).

2. Kegiatan Inti

Eksplorasi

a. Siswa secara individual membaca teks mengenai materi terkait yang  terdapat dalam buku teks.

b. Guru menyampaikan informasi dan tanya jawab mengenai identifikasi program Microsoft Office PowerPoint (Versi 2007).

c. Guru  menyampaikan  Informasi  dan  tanya  jawab  mengenai  cara  memulai  Microsoft  Office PowerPoint (Versi 2007).

d. Guru  menyampaikan  Informasi  dan  tanya  jawab  mengenai  cara  menutup  Microsoft  Office PowerPoint (Versi 2007).

e. Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan belajar dari berbagai sumber.

f. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.

g. Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Elaborasi

  1. Diskusi kelompok tentang fungsi dan jenis program presentasi
  2. Mencari visualisasi fungsi menu, tools, icon
  3. Menunjukkan beberapa menu, tools dan icon sesuai dengan fungsinya.
  4. Mendemonstrasikan cara menampilkan menu dan ikon
  5. Mendemonstrasikan cara menyembunyikan menu dan ikon

Konfirmasi

  1. Guru bertanya jawab mengenai hal-hal yang belum diketahui oleh siswa.
  2. Guru bersama siswa melakukan tanya jawab guna meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
  3. Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
  4. Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

3. Kegiatan Penutup

Rangkuman/kesimpulan.

H. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Buku paket Teknologi Informasi dan Komunikasi XII SMA/MA.
  2. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi XIIb SMA/MA terbitan BSE.
  3. Buku pelajaran sejarah yang relevan.
  4. Buku-buku yang relevan.
  5. Literatur lain (buku, koran, majalah, dan internet).

I. Penilaian

No. Jenis Bentuk Instrumen/Aktivitas
1 Penugasan Kegiatan kelompok

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan mandiri

Pengamatan, observasi, praktikum, dan aktivitas lainnya.

Kegiatan eksplorasi

Pengamatan, observasi, praktikum, kajian pustaka, dan aktivitas lainnya.

2 Pelatihan Uji Kompetensi

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya.

Ulangan Harian

Pilihan ganda, uraian, dan bentuk lainnya

Tindak Lanjut

Perbaikan; Pengayaan

 

Baca juga artikel terkait dengan RPP TIK Kelas XII Semester 2

Updated: 2015-03-24 — 13:42

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Budisma.web.id © 2014 Frontier Theme