Soal dan Jawaban Sifat Koligatif Larutan

Soal dan Pembahasan Sifat Koligatif – Larutan memiliki sifat yang hanya tergantung pada konsentrasi/jumlah partikel tetapi tidak tergantung pada jenis partikel yang ada dalam larutan. Sifat-sifat tersebut disebut sifatkoligatif. Sifat-sifat koligatif meliputi penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis. Dalam tulisan ini akan dibahas tentang sifat-sifat koligatif larutan tersebut. Tetapi sebelum mempelajari sifat-sifat tersebut kita harus mempelajari lebih dahulu tentang konsentrasi. Tahukah anda bagaimana cara menyatakan konsentrasi suatu larutan dan bagaimana konsentrasi mempengaruhi sifat-sifat fisik larutan seperti titik beku dan titik didih? Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut setelah mempelajari Soal dan Pembahasan Sifat Koligatifdi bawah ini.

Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan tepat!

1.   Jelaskan yang dimaksud dengan sifat koligatif larutan!

2.   Jelaskan yang dimaksud dengan:

a.   Kenaikan titik didih (∆Tb)

b.   Penurunan titik beku (∆Tt)

c.   Tekanan uap jenuh

3.   Apa yang dimaksud dengan osmosis dan tekanan osmotik?

4.   Tekanan uap jenuh air pada temperature 25oC adalah 23,76 mmHg. Tentukan penurunan tekanan uap jenuh air, jika kedalam 90 gram air dilarutkan 18 gram glukosa (C6H12O6)!

5.   Hitung titik didih larutan 0,04 molal naftalena dalam 50 gram benzene (Kb benzene = 2,53oC/m), dan benzene murni mendidih pada temperature 80,2oC!

6.   Tentukan penurunan titik beku, jika kedalam 600 gram asam asetat dilarutkan 16 gram belerang (S8) Kf asam asetat 3,57oC/m!

7.   Larutan urea dalam air yang volumenya 100 mL mengandung 10% massa CO(NH2)2, tentukan titik beku larutan urea tersebut, jika masa jenis larutan 1,04 g/L dan Kt air = 1,86oC/m!

8.   Suatu zat nonelektrolit yang massanya 3,42 gram dilarutkan dalam 200 gram air. Larutan tersebut mendidih pada temperature 100,26oC, tentukan Mr zat tersebut! (Kb air = 0,52oC/m)

9.   Tentukan tekanan osmotic larutan yang mengandung 17,1 gram sukrosa (Mr = 342) dalam 1 liter larutan pada temperature 27oC!

10. Tekanan osmotic suatu zat non elektrolit dalam 200 mL larutan pada temperature 27oC adalah 2,86 atm. Berapa gram massa zat tersebut dalam larutan (Mr = 180)?

Uji Kompetensi 2

Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan tepat!

1.   Bagaimana sifat koligatif dari larutan elektrolit dibandingkan dengan sifat koligatif larutan nonelektrolit?

2.   Berapa gram KCl harus dilarutkan kedalam 100 gram air agar air mendidih pada 101oC, jika derajat ionisasi KCl 0,9 dan harga Kb air 0,52oC/m?

3.   Larutan 4 gram suatu basa berasam satu (LOH) dalam 100 gram air membeku pada temperature -3,72oC. Jika penurunan titik beku air 1,86oC, tentukan massa atom relative logam penyusun basa tersebut!

4.   4,75 gram MgCl2 dilarutkan dalam 1.000 gram air. Tentukan:

a.   Titik didih

b.   Titik beku

c.   Tekanan osmotic larutan itu pada 27oC jika derajat ionisasi 0,9; Kb air = 0,52oC/m; Kf air = 1,86 C/m (Ar: Mg= 24; Cl = 35,5)

5.   Supaya air sebanyak 1 ton tidak membeku pada suhu -5oC, maka berapa jumlah NaCl yang harus dilarutkan kedalamnya? (Kf air = 1,86oC/m, Mr NaCl=58,5)

Ulangan Harian 1

Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan tepat!

1.   Tekanan uap air jenuh pada 102oC adalah 816 mmHg. Berapa tekanan uap jenuh larutan urea 20% berdasar massa pada suhu tersebut?

2.   Larutan 6 gram suatu elektrolit biner dalam 100 gram air membeku pada -2oC, masa molekul relatif zat itu adalah 60, tentukan derajat ionisasi elektrolit tersebut! (Kf air = 1,86oC/m)

3.   Suatu senyawa karbon memiliki rumus empiris CH2O. Larutan 72 gram senyawa tersebut dalam 400 gram air membeku pada temperature -1,86oC. tentukan rumus molekul senyawa tersebut!

4.   Tekanan osmotic darah manusia pada 37oC adalah 7,7 atm. Berapa NaCl harus dilarutkan dalam 1 liter larutan sehingga pada 37oC isotonic dengan darah manusia? (Ar:Na = 25; Cl = 35,5)

5.   Tentukan tekanan osmotic dari 6,2 gram C2H6O2 yang dilarutkan kedalam 200 ml larutan pada suhu 20oC!

Jawaban soal-soal diatas bisa dilihat pada link di bawah!

Soal Pembahasan Sifat Koligatif larutan

Soal Jawaban  Sifat Koligatif larutan

Latihan contoh  Sifat Koligatif larutan

Soal dan Jawaban Pilihan Ganda Sifat Koligatif Larutan 

Soal lainnya diupdate kemudian

  • Hubungan Mol dan Jumlah Partikel

    Hubungan Mol dan Jumlah Partikel – Munculnya Hukum Avogadro berpengaruh sangat signifikan terhadap perkembangan ilmu Kimia, khususnya dalam pengukuran zat-zat di laboratorium. Pengukuran berat...

  • Sifat Koligatif Larutan Elektrolit

    Sifat Koligatif Larutan Elektrolit- Kalau kita melarutkan suatu zat terlarut dalam suatu pelarut murni, maka kemungkinan besar akan terjadi hal-hal sebagai berikut. 1. Pada larutan...

  • Kenaikan Titik Didih dan Penurunan Titik Beku

    Kenaikan Titik Didihdan Penurunan Titik Beku- Titik didih suatu zat cair adalah suhu pada saat tekanan uap jenuh zat cair tersebut sama dengan tekanan luar....

  • Tekanan Osmotik Larutan

    Tekanan Osmotik Larutan – Dalam tulisan ini akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian tekanan osmosis, dari sana muncul pengertian tekanan osmotik larutan. Untuk sekedar...

  • Pengertian Contoh Molalitas dan Fraksi mol

    Pengertian Molalitas- Perubahan titik didih air yang disebabkan oleh penambahan zat terlarut merupakan salah satu sifat larutan yang ditentukan oleh sifat zat terlarut. Selain...

Baca juga artikel terkait dengan Soal dan Jawaban Sifat Koligatif Larutan

  • Apa penyebab urin berwarna kuning

    Warna kuning dan bau yang khas dari urin disebakan oleh empedu yang dihasilkan oleh hati yang berasal dari perombakan hemoglobin erotrosit yang telah tua....

  • Sebutkan Peraturan dalam permainan softball

    Peraturan dalam permainan softball adalah sebagai berikut. a. Jumlah pemain dalam satu regu terdiri dari sembilan orang. b. Pertandingan dipimpin oleh wasit, di setiap...

  • Teknik melakukan passing bawah

    Teknik melakukan passing bawah yaitu sebagai berikut. a. Berdiri seimbang dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, serta badan agak condong...

1 Comment on Soal dan Jawaban Sifat Koligatif Larutan

  1. ones // 2013-09-09 at 21:53 //

    trima kasih, bro….

Leave a comment

Your email address will not be published.

*