Soal Pembahasan Sistem Persamaan Linier

Sandar Kompetensi: 3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel

Kompetensi Dasar:

3.1 Menyelesaikan sistem persamaan  linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel

3.2.Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.

3.3.Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya.

3.4. Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.

3.5.Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.

3.6. Menyelesaikan model  matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya.

Tujuan Pembelajaran

–  Mengidentifikasi langkah – langkah penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.

–   Menggunakan sistem persamaan linear dua variabel untuk menyelesaikan soal.

–   Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.

–   Menentukan tafsiran geometri dari penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

–   Mengidentifikasi langkah- langkah penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel.

–   Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.

–   Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel.

–    Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear tiga variabel.

–   Mengidentifikasi langkah – langkah penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel.

–   Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel dengan menggunakan grafik.

–  Memeriksa hasil penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel berdasarkan grafik, dengan menggunakan metode eliminasi -substitusi.

–   Mengidentifikasi langkah- langkah penyelesaian sistem persamaan kuadrat dua variabel.

–   Menentukan penyelesaian sistem persamaan kuadrat dua variabel.

–   Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel.

–   Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linear.

–   Menentukan besaran dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linear, yang dirancang sebagai variabel sistem persamaan linearnya.

–   Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linear.

–   Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linear.

–   Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem  persamaan linear.

–  Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel, sistem persamaan kuadrat, sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel, serta penerapan sistem persamaan linear dua dan tiga variabel.

–   Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian pertidaksamaan yang memuat bentuk linear satu variabel.

–  Menggunakan pertidaksamaan yang memuat bentuk linear satu variable untuk menyelesaikan soal.

–  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan yang memuat bentuk linear satu variabel.

–  Mengidentifikasi langkah – langkah penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat).

–  Menggunakan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat) untuk  menyelesaikan soal.

–  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan yang memuat bentuk linear satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (bentuk linear dan kuadrat).

–  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan yang memuat bentuk akar.

–  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan yang memuat nilai mutlak

–  Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.

–  Menentukan besaran dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel, yang dirancang sebagai variabel pertidaksamaan satu variabelnya.

–   Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan  dengan pertidak-samaan satu variabel.

–   Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.

–  Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.

untuk soal pilihan ganda bisa didownload disini!

pembahasannya pg disini!

soal essay SPL

pembahasan essay SPL

soal-soal lainnya diupdate kemudian.

  • Soal dan Pembahasan Pertidaksamaan

    Soal dan Pembahasan Pertidaksamaan - Berikut ini adalah langkah penyelesaian pertidaksamaan bentuk pangkat tinggi (suku banyak) dan pecahan dari bentuk suku banyak. Langkah penyelesaian:...

  • Soal Dan Pembahasan Persamaan Garis Lurus

    Soal Dan Pembahasan Persamaan Garis Lurus- Sebelum memahami pengertian persamaan garis lurus, ada baiknya anda mengingat kembali materi tentang koordinat Cartesius persamaan garis lurus...

  • Soal Pembahasan Barisan dan Deret

    Soal Pembahasan Barisan dan Deret - Salah satu simbol dalam matematika adalah notasi sigma yang dilambangkan dengan “S”. Notasi ini banyak digunakan untuk menyatakan jumlah...

  • Soal Pembahasan Matriks

    Soal Pembahasan Matriks – Penerapan matriks dalam kehidupan sehari-hari sangatlah luas, baik di bidang ekonomi, ilmu-ilmu sosial, maupun ilmu-ilmu alam. Dengan menggunakan matriks, penyelesaian sistem...

  • Soal Pembahasan Trigonometri

    Soal Pembahasan Trigonometri - Trigonometri banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Demngan mempelajari trigonometri ini akan banyak manfaat yang anda peroleh. Ada banyak aplikasi trigonometri....

Baca juga artikel terkait dengan Soal Pembahasan Sistem Persamaan Linier

  • Apa penyebab urin berwarna kuning

    Warna kuning dan bau yang khas dari urin disebakan oleh empedu yang dihasilkan oleh hati yang berasal dari perombakan hemoglobin erotrosit yang telah tua....

  • Sebutkan Peraturan dalam permainan softball

    Peraturan dalam permainan softball adalah sebagai berikut. a. Jumlah pemain dalam satu regu terdiri dari sembilan orang. b. Pertandingan dipimpin oleh wasit, di setiap...

  • Teknik melakukan passing bawah

    Teknik melakukan passing bawah yaitu sebagai berikut. a. Berdiri seimbang dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, serta badan agak condong...

Leave a comment

Your email address will not be published.

*